PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Ratusan Kilogram Ganja serta Ladangnya Berhasil Diungkap Kepolisian Resor Gayo Lues

IMG 20220716 WA0003 Ratusan Kilogram Ganja serta Ladangnya Berhasil Diungkap Kepolisian Resor Gayo LuesPin
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Gayo Lues – Kepolisian Resor Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap lokasi ladang Ganja dan musnahkan ratusan Kilogram Narkotika Golongan 1 tersebut, Sabtu, 16/07/2022.

Terungkapnya lokasi ladang tersebut diketahui atas pengembangan kasus dari tersangka A (23) warga Desa Makmur Jaya Kecamatan Terangun yang diduga melakukan transaksi narkotika jenis Ganja.

IMG 20220716 WA0005 Ratusan Kilogram Ganja serta Ladangnya Berhasil Diungkap Kepolisian Resor Gayo LuesPin

Sebelumnya, Tersangka A (23) warga Desa Makmur Jaya Kecamatan Terangun ditangkap dikediamannya, setelah dilakukan penggeledahan, tim berhasil menemukan barang bukti berupa Daun Ganja kering seberat (±) 1 Gram dan beberapa butir Biji Ganja di saku celana dan tas ranselnya.

IMG 20220716 WA0002 Ratusan Kilogram Ganja serta Ladangnya Berhasil Diungkap Kepolisian Resor Gayo LuesPin

Mendapatkan barang bukti tersebut petugas selanjutnya melakukan pengembangan keterangan dari tersangka dan ia mengakui masih ada menyimpan Narkotika Jenis Ganja di kebun sebanyak (±) 8 (delapan) goni besar atau seberat  (±) 160 Kilogram dan diketahui ianya merupakan seorang petani ganja bersama 3 orang lain (DPO).

Selanjutnya petugas dengan dibantu masyarakat sekitar pada hari Jum’at tanggal 15 Juli 2022 sekira pukul 08.00 WIB bergerak dari Polsek Terangun menuju pegunungan simpang kiri Desa Makmur Jaya Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues, yang menurut informasi dari TSK disanalah tempat mereka menanam dan menyimpan barang haram tersebut.

Setelah berjalan selama (±) 4 jam tim tiba di lokasi ladang yang menjadi tempat mereka menanam dan menyimpan Narkotika jenis Ganja tersebut. Di lokasi ladang yang (±)  seluas 1 (satu) Haktare tersebut, Tim menemukan Barang Bukti yang diduga merupakan Narkotika Jenis Ganja sebanyak :
– 8 (delapan) Karung Goni besar Barang yang diduga merupakan Narkotika Jenis Ganja yang diperkirakan seberat (±)  160 Kg
– Barang yang diduga merupakan Narkotika Jenis Ganja yang masih dijemur seberat (±) 40 Kg
– Barang yang diduga merupakan Narkotika Jenis Ganja yang masih hidup/tumbuh dilokasi tersebut dengan berbeda tingkatan umur sebanyak (±)  1.500 Batang.
Selanjutnya tim bersama masyarakat langsung mencabut barang bukti tersebut dan memusnahkan nya dengan cara di bakar.

IMG 20220716 WA0001 Ratusan Kilogram Ganja serta Ladangnya Berhasil Diungkap Kepolisian Resor Gayo LuesPin

Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza, S.I.K dalam tinjauannya ke lokasi menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat Gayo Lues khususnya, “Bahwa terlepas dari segala polemik yang ada tentang legalitas Ganja, saat ini Ganja merupakan Narkotika Gol I menurut Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika karenanya Ganja dan segala bentuk turunannya dilarang di Indonesia dan ada konsekuensi hukum terhadap penyalahgunaannya,” kata AKBP Efrianza, S.I.K.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi menanam dan atau bahkan menjual Ganja karena kami pastikan akan menindak tegas perbuatan tersebut,” tegas Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza, S.I.K. (AVID/r)

Share to...