PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Peringatan Dini Cuaca Aceh, Ini Daerah Status SIAGA dan WASPADA

Screenshot 20220826 114217 1 Peringatan Dini Cuaca Aceh, Ini Daerah Status SIAGA dan WASPADAPin
Screenshot video banjir, Kamis (25/08/2022). (Ist)
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Aceh Utara – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara sejak Kamis (25/08/2022) sore, memicu meningkatnya debit air di sungai Peutoe dan Kreutoe. Bahkan, sejumlah desa di Kecamatan Lhoksukon terendam banjir sejak Kamis malam.

Berdasarkan pantauan SatuAcehNews, banjir pada Kamis malam sempat merendam jalan penghubung antara Kecamatan Lhoksukon – Kecamatan Cot Girek, tepatnya di KM 7. Kini, banjir mulai surut hanya tersisa di sebagian perumahan warga.

Terkait hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, menyampaikan informasi peringatan dini Provinsi Aceh.

Screenshot 20220826 105622 1 Peringatan Dini Cuaca Aceh, Ini Daerah Status SIAGA dan WASPADAPin
Gambar peta prakiraan angin. (Sumber Foto : BMKG Aceh)

Dalam keterangannya saat dikonfirmasi SatuAcehNews, Koordinator Data dan Informasi Stasiun SIM, Zakaria SE, menerangkan, berdasarkan pantauan prakiraan angin lapisan 3.000 feet dan terdapat potensi daerah pola siklonik di Samudera Hindia Barat Aceh.

“Pola siklonik ini membentuk daerah belokan angin (Shearline) yang memanjang di wilayah Provinsi Aceh. Kondisi inipun dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan,” terang Zakaria, Jum’at (26/08/2022).

Adapun potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dimulai pada tanggal 25 Agustus 2022 hingga tanggal 27 Agustus 2022. Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh juga berstatus SIAGA dan WASPADA.

Untuk wilayah SIAGA meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Pidie, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Simeulue, berlaku untuk beberapa hari kedepan.

“Sedangkan untuk wilayah WASPADA, meliputi Lhokseumawe, Aceh Utara, Gayo Lues, Bireuen, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Timur, Pidie Jaya, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, dan Langsa,” imbuh Zakaria.

Tak hanya itu, pihaknya juga merilis informasi peringatan dini tinggi gelombang di beberapa perairan wilayah Provinsi Aceh.

Screenshot 20220826 105708 1 Peringatan Dini Cuaca Aceh, Ini Daerah Status SIAGA dan WASPADAPin
Gambar peta prakiraan tinggi gelombang. (Sumber Foto : BMKG Aceh)

“Berdasarkan data tinggi gelombang terdapat beberapa area perairan di wilayah Aceh yang berpotensi gelombang tinggi mencapai 4.00 meter atau lebih yaitu di di wilayah Perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya,” tukas Zakaria. (CSB)

Share to...