PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Bupati Ramli : Jadikan Peringatan Maulid Sebagai Momen Menjadi Insan Yang Berakhlak Mulia

Img 20221008 Wa0004 Bupati Ramli : Jadikan Peringatan Maulid Sebagai Momen Menjadi Insan Yang Berakhlak MuliaPin

SatuAcehNews | Aceh Barat- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum memperbaiki diri dan meneladani perilaku Rasulullah dalam aspek kehidupan sehari-hari. Sebab, Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW ke dunia untuk menyempurnakan akhlak dan budi pekerti umat manusia.

Sebagaimana hadits Nabi yang artinya, sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan budi pekerti yang baik.

Hal itu dikatakan Bupati Aceh Barat H. Ramli MS ketika dihubungi media, Sabtu, 8/10/2022 melalui handpone selularnya.

Kata Bupati Ramli, Menurut para ulama, akhlak itu merupakan tindakan yang lahir tergantung kualitas dan kondisi jiwa seseorang. Jika jiwa yang sehat akan melahirkan tindakan-tindakan yang sehat, sebaliknya jiwa dengan kualitas buruk akan melahirkan tindakan-tindakan yang buruk.

Akhlak itu dibagi menjadi dua, yaitu akhlak dalam kehidupan personal (akhlak indvidu) dan akhlak dalam kehidupan sosial (akhlak sosial).

Ia mengatakan, Nabi Muhammad SAW bukan hanya mendidik manusia agar mempunyai akhlak personal yang baik, akan tetapi juga membangun akhlak sosial, akhlak komunal masyarakat satu kampung, satu kota, satu kabupaten, dalam mengelola urusan-urusan bersama mereka, tentang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain-lain.

Ungkap Bupati Ramli, jika mengkaji betapa besar nya jasa Rasulullah kepada umatnya memperingati hari kelahiran beliau sudah merupakan suatu kewajiban.

“Kita sebagai umat kita bisa lebih dekat dengan Allah SWT dengan beribadah pada tiap waktunya,” imbuhnya.

Seperti didalam Al-quran yang menyebutkan, “Jika bukan karena engkau wahai Muhammad, tidak akan aku ciptakan alam semesta ini.”

Maka dari itu Bupati Ramli berharap kepada kaum muslimin di Aceh Barat agar mengadakan peringatan maulid di setiap desa dalam Kecamatan di Aceh Barat.

Melalui kegiatan ini, Bupati Ramli mengajak semua pihak melakukan evaluasi akhlak masing-masing, baik sebagai masyarakat, maupun sebagai aparatur pemerintahan.

“Mari kita berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki kekurangan- kekurangan selama ini. semoga kita bisa menjadi umat yang maju dan dapat meneladani akhlak Rasulullah dalam segala aspek kehidupan,” tutupnya. (AHD)

Share to...