PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Polres Aceh Utara Musnahkan Tiga Jenis Narkoba, Tiga Tersangka Juga Dihadirkan

Img 20221021 Wa0026 Polres Aceh Utara Musnahkan Tiga Jenis Narkoba, Tiga Tersangka Juga DihadirkanPin
Kapolres Aceh Utara, AKBP Riza Faisal, saat memusnahkan barang bukti Narkoba jenis Sabu. (Foto ; Ist)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Jajaran Polda Aceh dalam hal ini Polres Aceh Utara memusnahkan tiga jenis Narkoba yang merupakan barang bukti dari hasil penangkapan. Pemusnahan berlangsung di halaman Mapolres setempat, Jum’at (21/10/2022).

Pemusnahan ini juga digelar sebagai bentuk dalam rangka memberikan transparansi penyidikan. Turut dihadiri Kapolres Aceh Utara, AKBP Riza Faisal, Kasat Narkoba, Ka BNNK Lhokseumawe, tokoh ulama, dan jajaran Forkopimda Aceh Utara.

Pemusnahan dipimpin langsung Kapolres dan jajaran Forkopimda dengan cara memasukkan sabu dan Ekstasi kedalam blender untuk dilarutkan kemudian dituang kedalam alat pengaduk semen atau mesin molen. Sedangkan ganja dilakukan dengan cara membakarnya.

Total berat (jumlah) tiga jenis Narkoba yang dimusnahkan yaitu seberat 91.658,01 gram/brutto atau sejumlah 91,65 Kilogram. Adapun tiga jenis Narkoba ini yaitu Sabu, Ekstasi, dan Ganja.

Img 20221021 Wa0028 1 Polres Aceh Utara Musnahkan Tiga Jenis Narkoba, Tiga Tersangka Juga DihadirkanPin
Tiga tersangka juga dihadirkan pada pemusnahan ini. (Foto ; Ist)

Untuk jenis sabu sebanyak/seberat 17.157,78 gram/brutto atau 17 Kg lebih. Jenis Ekstasi seberat 30.420 gram/brutto atau 30,42 Kilogram. Kemudian jenis Ganja kering seberat 44.080,23 gram/brutto atau sejumlah 44,080 Kilogram.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Riza Faisal melalui Kasat Narkoba, Iptu Samsul Bahri, menyebutkan, barang bukti Narkoba jenis sabu merupakan hasil penangkapan di Desa Lhok Pu’uk, Kecamatan Seuneuddon, Aceh Utara.

“Untuk jenis sabu merupakan barang bukti dalam perkara tindak pidana Narkotika jenis sabu yang disita dari tersangka Bustaman bin Jamal dan Muhajir bin M Saleh pada Selasa 13 September 2022 di Desa Lhok Pu’uk, Seuneuddon,” ujar Iptu Samsul.

Sebagian sabu tersebut, kata Samsul, telah disisihkan untuk dijadikan sebagai sampel guna pemeriksaan di Labfor Polro Cabang Medan, Sumatera Utara serta untuk pembuktian perkara.

Img 20221021 Wa0020 Polres Aceh Utara Musnahkan Tiga Jenis Narkoba, Tiga Tersangka Juga DihadirkanPin
Pemusnahan ganja dilakukan dengan cara dibakar. (Foto ; Ist)

Sedangkan barang bukti jenis Ekstasi, hasil penangkapan di Desa Alue Capli, Kecamatan Seuneuddon. Sebagian Ekstasi itu juga disisihkan untuk dijadikan sampel. Kemudian jenis Ganja, hasil penangkapan di Desa Tunong, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

“Barang bukti ekstasi merupakan barang bukti dalam perkara tindak pidana narkotika yang diduga dilakukan oleh AB (DPO) pada Selasa 15 September 2022. Ganja kering juga hasil penangkapan yang disita dari M Yacob bin Ibrahim pada 01 September 2022,” imbuh Iptu Samsul.

Dalam hal ini pihaknya menyebutkan bahwa berkat kerja keras Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, barang bukti tiga jenis Narkoba yang dimusnahkan itu diperkirakan dapat menyelamatkan generasi penerus bangsa kurang lebih 183 ribu jiwa. (CSB)

Share to...