PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

Siap Bantu Penanganan Covid, Tim Relawan PKS Aceh Barat Diberi Pembekalan

Img 20210828 205436 Siap Bantu Penanganan Covid, Tim Relawan Pks Aceh Barat Diberi PembekalanPin

SatuAcehNews – DPD PKS Aceh Barat mempersiapkan tim relawan yang akan turut serta dalam berbagai kondisi kedaruratan khususnya penanganan pandemi Covid-19. Tim relawan PKS Aceh Barat mendapatkan pembekalan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Kamis (26/08/2021).

Pembekalan tersebut sebagai pembukaan rangkaian kegiatan pelatihan yang akan diberikan kepada tim relawan PKS Aceh Barat, diisi oleh Irsadi Aristora. S.Hut, M.H,
Tim Pakar Satgas Covid-19 Kab. Aceh Barat.

Turut hadir Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat, Mashuri. Pembekalan dilaksanakan di Markaz Dakwah DPD PKS Aceh Barat. Acara dihadiri 50 relawan yang merupakan perwakilan dari 12 kecamatan di Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PKS Aceh Barat Fauzi, SP mengingatkan kader bahwa dunia relawan adalah dunia PKS. Kepedulian terhadap sesama adalah DNA dari jatidiri seorang kader PKS.

“Kenapa kita harus mempersiapkan diri sebagai relawan? Karena kita ingin menjadi solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat,” ucap Fauzi.

“Eksistensi PKS sebagai sebuah partai yang peduli sangat melekat di benak masyarakat. Dan kita ingin itu terus dijaga dengan tetap hadir mengulurkan pertolongan saat ada masyarakat yang tertimpa musibah,” lanjut Fauzi.

Tim Pakar Satgas Covid-19 Kab. Aceh Barat Irsadi Aristora S.Hut, M.H, memaparkan berbagai hal yang harus dimiliki oleh seorang relawan, khususnya dalam hal penanganan Pandemi Covid-19.

“Saya tadi diberitahukan oleh Ketua bahwa PKS Aceh Barat memiliki semua sarana dan prasarana untuk penanganan pasien Covid-19. PKS punya ambulan, punya tim medis, punya kader yang siap diterjunkan sebagai relawan. Namun relawan harus mempersiapkan dirinya seaman mungkin dalam memberikan bantuan. Pakai APD yang standar saat menangani pasien Covid,” papar Irsadi.

Dosen di Universitas Teuku Umar ini menceritakan kekagumannya kepada kader PKS yang selalu hadir di setiap bencana.

“Saya selalu didampingi oleh relawan PKS. Kawan-kawan PKS selalu ada di saat terjadi bencana. Setiap bencana saya selalu bertemu dengan relawan PKS. Dimana pun terjadinya bencana itu,” ucapnya bangga yang disambut pekik takbir oleh peserta pelatihan.

“PKS menjadi contoh bagi komponen masyarakat yang lain bagaimana menunjukkan kepeduliannya saat terjadi bencana,” lanjut Irsadi.

H. Zaenal Abidin, S.si Dpra PksPin
Anggota DPR Aceh sekaligus Sekretaris DPW PKS Aceh H. Zaenal Abidin, S.Si

Anggota Fraksi PKS DPR Aceh, H. Zaenal Abidin, S.Si tampak hadir pada acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa DPRA sangat mendukung langkah yang diambil oleh pemerintah Aceh dalam penanganan Pandemi Covid-19.

Sekretaris DPW PKS Aceh ini juga mengutarakan bahwa akan membantu pengadaan APD dan perlengkapan tim relawan PKS dan BPBD melalui bantuan pihak swasta.

“Saya akan mengupayakan bisa membantu pengadaan APD dan kelengkapan lainnya bagi tim relawan PKS maupun BPBD melalui dana-dana CSR perusahaan di Aceh,” ucap Zaenal Abidin.

Pelatihan Relawan PksPin
Ketua DPD PKS Aceh Barat, Fauzi SP, didampingi anggota DPR Aceh H. Zaenal Abidin S.Si, menyerahkan cindera mata kepada pemateri pembekalan tim relawan PKS.

Sementara Ketua Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Barat, Mashuri menyambut baik niat kader PKS Aceh Barat yang siap bergabung sebagai relawan Covid-19. Menurut Mashuri, Kader PKS yang terkenal memiliki pemahaman agama yang baik cocok dilibatkan dalam penanganan fardhu kifayah pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Namun menurut Mashuri, selain relawan dalam bentuk tenaga, masih dibutuhkan lebih banyak relawan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Saat ini masih butuh relawan, di banyak bidang. Salah satu yang paling penting adalah relawan untuk mengedukasi masyarakat tentang Covid-19. Mengedukasi pentingnya menjaga protokol kesehatan,” papar Mashuri.

Acara pembekalan tim relawan PKS Aceh Barat ditutup dengan pemberian cendera mata kepada para pemateri.

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...