PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh pada Hari Ahad, 3 April 2022

Img 20220401 204011 Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Hari Ahad, 3 April 2022Pin

SatuAcehNews – Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menetapkan awal 1 Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022.

Pada sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (01/04/2022) sore, mengakhiri pertanyaan umat Islam Indonesia tentang kapan awal puasa dimulai.

Beberapa ormas Islam melalui sistem perhitungan hisab telah lebih dahulu menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Salah satu ormas Islam yang memulai ibadah puasa esok hari antara Muhammadiyah.

Melihat Hilal 1 RamadhanPin
Petugas ru’yatul hilal sedang berusaha menemukan hilal di Pantai Suak Geudebang, Aceh Barat. 

Rapat sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” ujar Yaqut.

Kemenag menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, Yaqut menjelaskan tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Selain itu, sidang ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya. Sidang ini bakal mengundang juga pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI.

Sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2022 ini dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap sidang isbat yang pertama, yakni pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Kemudian, tahap sidang isbat yang kedua adalah rukyatul hilal (konfirmasi posisi hilal) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

Tahap ini dilakukan secara tertutup dan dilaksanakan setelah shalat maghrib.

Tahap sidang isbat terakhir adalah pemaparan hasil sidang isbat yang diselenggarakan secara terbuka. (AAA)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...