PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

Membangkitkan Kembali Zona Migas Aceh Utara

Img 20221129 Wa0087 Membangkitkan Kembali Zona Migas Aceh UtaraPin
Sosialisasi Pengeboran Untuk Mencari Cadangan Minyak dan Gas di Wilayah Aceh Utara. (Foto : Ist)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyambut baik rencana kegiatan Drilling (Pengeboran) di wilayah Kabupaten itu untuk mencari cadangan Migas baru yang akan dimulai pada Desember 2022.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, turut mengapresiasi PT Pema Global Energi (PGE) untuk kegiatan tersebut. Mudah-mudahan, kata Azwardi, ini menjadi sinyal positif yang menggembirakan dan akan membangkitkan kembali zona Migas Aceh Utara.

Kegiatan Survei Seismic 3D yang telah dilakukan oleh PT PGE sejak awal Agustus 2022, telah mulai mendeteksi cadangan Migas baru di Aceh Utara. Untuk itu akan dilakukan pengeboran dengan melibatkan para ahli atau engineer Migas.

Demikian hal ini disampaikan Pj Bupati Aceh Utara pada Sosialisasi Pengeboran Migas PT PGE area AOB dan Rayeu, yang berlangsung di Oproom kantor Bupati Aceh Utara, Selasa (29/11/2022).

“Pada Agustus kita bertemu untuk sosialisasi Survei Seismic, Alhamdulillah hari ini dilakukan sosialisasi pengeboran. Ini harus kita syukuri terhadap apa yang diberikan Allah. Kita berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar nanti hasilnya menggembirakan,” kata Azwardi.

Seluruh stakeholder terkait diharapkan agar berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan pengeboran ini. Hal ini sangat penting, karena setiap kegiatan butuh kerjasama yang baik dan dibutuhkan dukungan semua pihak.

“Agar Pak Geusyik sampaikan yang baik kepada masyarakat. Pak Camat juga rapatkan dengan jajaran Muspika, sampaikan informasi yang benar dan tepat kepada masyarakat,” imbuh Azwardi.

Ia juga berharap jangan sampai ada konflik dalam masyarakat terkait rencana pengeboran. Untuk itu diminta agar proses sosialisasi dilakukan dengan baik, hal-hal apa saja yang akan dilakukan, dan memakan waktu berapa lama.

Lebih jauh Azwardi juga meminta manajemen PT PGE tetap memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal dalam setiap kegiatannya di lapangan. Anak-anak muda lokal banyak yang hebat, yang cemerlang SDM-nya.

Ini perlu diperhatikan, untuk dipakai atau direkrut menjadi pekerja. Dulu, lanjut Azwardi, Aceh Utara terkenal hebat dan berjaya dengan ditemukannya cadangan Migas dan dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Mobil Oil.

“Itu adalah masa lalu yang gemilang, hari ini kondisi kita tertatih-tatih. Padahal, pembangunan ekonomi tentu saja memiliki multiflier effect terhadap masyarakat,” tukas Azwardi.

Pemda Aceh Utara saat ini juga konsen mempersiapkan grand design Pendidikan Aceh Utara, mulai dari pendidikan dasar hingga SLTA. Azwardi mengajak manajemen PT PGE turut terlibat dalam meningkatkan SDM anak-anak generasi muda Aceh Utara.

Jika nantinya ditemukan cadangan Migas baru, tentu akan menjadi pembuka jalan bagi peningkatan ekonomi daerah yang akan bermanfaat luas bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami Pemda siap mem-back up bersama Forkopimda. Jika ada masalah di lapangan agar segera dicari solusi dan tingkatkan komunikasi untuk segera diselesaikan,” harap Azwardi.

Sosialisasi yang berlangsung di Oproom Kantor Bupati Aceh Utara ini dihadiri Direktur Utama PT PGE, Teuku Muda Ariaman, jajaran Forkopimda setempat, Asisten II, Dirut Utama PT PGE, mantan Dirut PT PEMA, Zubir Sahim, para Kepala SKPK, para Camat, para Geusyik lokasi rencana drilling, dan sejumlah pejabat PT PGE. (CSB)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...