PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

Dosen STKIP Bina Bangsa Meulaboh Gelar Pelatihan Guru di Nagan Raya

Stkip Bina Bangsa Meulaboh Pkm Sma It Nurul Ikhwah Nagan RayaPin

SatuAcehNews – Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP Bina Bangsa Meulaboh melaksanakan pelatihan kepada guru-guru di Kabupaten Nagan Raya. Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari STKIP Bina Bangsa khususnya peningkatan kualitas tenaga pendidik.

Kegiatan ini dilakukan di SMA IT Nurul Ikhwan Kabupaten Nagan Raya dari tanggal 23-24 November 2022 dan dihadiri oleh guru-guru SMA dan SMP. Dalam kegiatan ini pemateri pertama disampaikan oleh Siti Aminah Nababan, M.Pd dan pemateri kedua oleh Henra Saputra Tanjung, M.Pd. Pelatihan ini juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa STKIP Bina Bangsa.

 

Pkm Stkip Bina Bangsa MeulabohPin

 

Kepala Sekolah SMA IT Nurul Ikhwan Agus Huri, S,Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru yang ada di lingkungan Nurul Ikhwan Nagan Raya. Dan saya berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepan dengan materi-materi yang lain sehingga bisa membantu guru dalam mengelola pembelajaran,” ujar Agus Huri.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada STKIP Bina Bangsa Meulaboh selaku penyelenggara kegiatan dan tidak lupa juga kepada Kemendikbud-Ristek yang sudah mendukung pembiayaan dalam kegaiatan ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban seorang dosen dalam menjalankan Tridarma perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan di desa maupun lingkungan sekitar masyarakat, dalam hal ini kegiatan ini juga bisa dilakukan ke sekolah maupun instansi-instansi pemerintah lainnya.

Sehubungan dengan adanya permasalahan yang ada di sekolah maka selaku dosen harus berperan aktif dalam melihat kondisi sekitar baik dalam masyarakat atau instansi sekolah.

 

Stkip Bina Bangsa Meulaboh Pkm Sma It Nurul Ikhwan Nagan RayaPin

Sejauh ini, guru masih mengalami kesulitan dalam membuat soal yang mampu mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan belum membuat siswa mau menganalisis soal terlebih dahulu sebelum menjawab.

Guru memberikan soal latihan atau soal tes kepada siswa hanya terpaku pada kategori mengingat, memahami, dan menerapkan, dan sarana dan membutuhkan tambahan soal untuk siswa yang memiliki kemampuan berkpikir tingkat tinggi agar siswa mampu mengembangkan cara bernalar mereka.

Pelatihan pembuatan atau pengembangan soal HOTS ini menggunakan tiga kategori berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) berdasarkan revisi taksonomi Bloom, yaitu, menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).

Setiap tingkatan tersebut memiliki kriteria masing-masing yang dapat diadopsi ke dalam soal maupun tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai.

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...