PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

PEMILU  

KIP Aceh Utara Buka Rekrutmen PPS, Buruan Daftar, Yuk Simak Ulasan Berikut Ini

Picsart 12 18 09.48.59 Kip Aceh Utara Buka Rekrutmen Pps, Buruan Daftar, Yuk Simak Ulasan Berikut IniPin
Foto kiri (Login Aplikasi/Web SIAKBA), Foto kanan (Jadwal Penrekrutan PPS). (Dok Foto ; Ist)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, mulai hari ini Minggu (18/12/2022) secara resmi membuka pendaftaran Badan Ad Hoc atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pada rekrutmen ini, KIP Aceh Utara membutuhkan 2.556 orang yang nantinya akan ditugaskan sebagai penyelenggara Pemilu (PPS) di 852 Gampong atau desa masing-masing yang ada di ‘Bumi Pase’ tersebut.

Artinya, hanya ada tiga orang penyelenggara di setiap Gampong, namun belum termasuk dengan kebutuhan staf Sekretariat PPS. Nah, jika anda merasa terpanggil untuk mengikuti seleksi ini, simak ulasan berikut.

Sebagaimana surat pengumuman yang dikeluarkan KIP Aceh Utara dengan Nomor : 800/PP.04-Pu/1108/2022 tentang Seleksi Calon Anggota PPS untuk Pemilu 2024 yang ditandatangani Plh Ketua KIP Aceh Utara, Muhammad Usman, tertanggal 18 Desember 2022.

Proses pendaftaran dibuka secara online. Bagi masyarakat Aceh Utara yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon PPS, silahkan akses aplikasi/website Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) https://siakba.kpu.go.id.

Plh Ketua KIP Aceh Utara, Muhammad Usman, menjelaskan, aplikasi/website siakba.kpu.go.id merupakan seperangkat Sistem Teknologi Informasi yang berbasis Web dalam rangka memfasilitasi tahapan seleksi anggota KPU Provinsi, Kabupaten/Kota dan Badan Ad Hoc (PPK dan PPS).

SIAKBA juga merupakan database penyelenggara Pemilu yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Untuk setiap tahapan dari proses rekrutmen PPS akan selalu diinformasikan melalui laman resmi kip-acehutara.kpu.goi.id serta akun resmi media sosial KIP Aceh Utara.

“Pendafataran secara online ini sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 438 tahun 2022, tentang penetapan aplikasi Sistem Informasi Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Ad Hoc sebagai aplikasi khusus KPU,” jelas Usman, Minggu (18/12/2022).

Proses rekrutmen ini, KIP Aceh Utara berpedoman pada aturan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota.

Sementara itu Muhammad Usman menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur pada saat pendaftaran PPK, partisipasi warga Aceh Utara yang mendaftar menjadi PPK sangat besar. “Ini sebagai sebagai sebuah bukti bahwa sosialisasi kita selama ini berjalan efektif,” imbuh Usman.

Sebagaimana dalam pasal 35 ayat 1 telah dijelaskan terkait syarat menjadi PPS ada sembilan syarat yaitu :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun untuk PPK dan PPS.
  • Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  • Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.
  • Tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.
  • Berdomisili dalam wilayah kerja PPS.
  • Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
  • Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
  • Tidak pernah dikenakan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Adapun dalam proses verifikasi dokumen persyaratan sesuai dengan aturan yang ada, KIP Aceh Utara hanya butuh tujuh kelengkapan Dokumen Persyaratan, yaitu :

  • Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPS,
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik.
  • Fotocopy ijazah Sekolah Menengah Atas/sederajat atau ijazah terakhir.
  • Surat Pernyataan untuk pemenuhan persyaratan.
  • Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh Puskesmas, Rumah Sakit, atau klinik.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Pas Foto Berwarna 4×6.

Nah, tunggu apalagi. Jika kalian merasa terpanggil silahkan ikutan seleksi rekrutmen ini, akan dibuka hingga 27 Desember 2022. (CSB)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...