PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

PEMILU  

Pendaftar Calon PPS di Aceh Utara Mencapai 14.575 Orang, Kemungkinan Terus Bertambah

Img 20221223 101732 973 Scaled Pendaftar Calon Pps Di Aceh Utara Mencapai 14.575 Orang, Kemungkinan Terus BertambahPin
Calon penyelenggara Pemilu 2024 atau Badan Ad Hoc menyerahkan berkas lamaran dalam bentuk Hard Copy di KIP Aceh Utara. (Foto : Chairul Sya'ban)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Antusias masyarakat di Kabupaten Aceh Utara sangat tinggi untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon penyelenggara Pemilu 2024 atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tingkat Desa.

Mereka yang telah mendaftar melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) rela mengantri saat menyerahkan berkas lamaran dalam bentuk Hard Copy kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara.

Penyerahan berkas Hard Copy tersebut diserahkan bagi calon peserta yang telah menerima tanda bukti pendaftaran seleksi Badan Ad Hoc dan tanda terima dokumen persyaratan dari SIAKBA yang kemudian menunjukkan dua lembar bukti itu.

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, melalui Devisi Sosial Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Muhammad Usman, menyebutkan, memasuki hari ke-9 yang telah mendaftar mencapai 14.575 orang dari 852 desa yang tersebar di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

“Antusias masyarakat mendaftarkan diri untuk menjadi calon anggota PPS sangat tinggi, sehingga jumlah ini besar kemungkinan akan bertambah. Sedangkan untuk formasi yang dibutuhkan hanya 2.556 orang,” kata Muhammad Usman, Senin (26/12/2022).

Muhammad Usman yang lebih dikenal dengan sebutan Osama menambahkan, penrekrutan ini tetap dilakukan sesuai keputusan KPU RI No 534 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Pemilu dan Pilkada, atas perubahan PKPU No 476 Tahun 2022.

“Setelah tahapan pendafataran itu, akan ada tahapan selanjutnya, yakni mulai dari tahapan penelitian berkas, tes tulis, hingga tes wawancara, hingga pengumuman dan penetapan serta pelantikan PPS,” tukas Osama. (CSB)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...