PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

Puluhan Calon Operator Mesin Ikuti Diklat di Lhoksukon, Dibuka Oleh Koperasi Berkat Bunga Damai dan BDI Medan

Img 20230119 Wa0018 1 Puluhan Calon Operator Mesin Ikuti Diklat Di Lhoksukon, Dibuka Oleh Koperasi Berkat Bunga Damai Dan Bdi MedanPin
Peserta Calon Operator Mesin dan Peralatan Produksi Kelapa Sawit. (Foto : Ist)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Koperasi Produsen Perkebunan Berkat Bunga Damai melatih 50 orang peserta calon operator pabrik kelapa sawit melalui Diklat 3-IN-1 berbasis kopetensi bidang pengolahan kelapa sawit.

Secara perdana, Diklat tersebut berlangsung di Balai Panglateh Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (19/01/2023) bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Medan dan didukung Anggota Komisi VII DPR RI, Drs. H. Anwar Idris.

Ketua Koperasi Berkat Bunga Damai, Abubakar AR, yang juga Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Aceh Utara, menyebutkan, para peserta merupakan anak petani dari beberapa Kecamatan di Aceh Utara.

“Para peserta akan mengikuti Diklat tersebut hingga 12 hari kedepan. Mareka diantaranya dari Kecamatan Cot Girek, Kecamatan Langkahan, dan Kecamatan Lhoksukon, bahkan ada dari beberapa Kecamatan lainnya,” ujar Abubakar AR.

Disebutkan, Diklat yang dibuka itu merupakan pertama kalinya di gelar di Aceh Utara bahkan di Provinsi Aceh. Untuk itu, para peserta dilatih dan diberikan pemahaman terutama tentang bagaimana tatakelola perkebunan sawit yang baik.

Adapun peserta pada Diklat ini mengambil bagian Stasiun Sterillizer, Stasiun Loading Ramp, Stasiun Boiler, Stasiun Penimbangan Timbangan, Stasiun Klarifikasi, Stasiun Tripler, Stasiun Final Efluent, Stasiun Water Thretment Plant, Stasiun Pressan, dan beberapa bagian lainnya.

Para peserta diharapkan untuk dapat sungguh-sungguh mengikuti Diklat tersebut dan belajarlah dengan yakin. “Ikuti dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah, raihlah kemenangan dan untuk mendapatkan dua sertifikat yang disediakan oleh BDI Medan dan Balai Nasional Sertifikasi Profesi,” harap Abubakar AR.

Sementara itu Kepala BDI Medan, Chairil Almy, mengatakan, Diklat yang diselenggarakan itu sebagaimana permintaan dari Koperasi kepada pihaknya (Balai Diklat) untuk mengadakan Diklat kepada putra dan putri petani sawit di Aceh Utara.

“Jadi Diklat ini adalah 3-IN-1, jadi adik-adik ini dilatih dan disertifikasi yang nantinya akan ditempatkan di lapangan kerja. Memang ini akan ada penempatan dan sesuai komitmen kita dengan Koperasi maupun pihak Industri,” kata Chairil Almy.

Artinya, para peserta nantinya akan ditempatkan di beberapa perusahaan pabrik yang ada di Aceh bahkan di luar Aceh. “Untuk gelombang pertama ini ada 50 orang peserta yang ikut Diklat, dan mereka juga akan mengikuti ujian sertifikasi profesi,” imbuh Chairil.

Pada kesempatan itu, pembukaan secara perdana pada Diklat gelombang pertama ini turut dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI, Drs. H. Anwar Idris bersama tenaga ahli Komisi VII DPR RI yaitu Zubir Muhammad dan Yusri Nasrin, Kepala BDI Medan, Chairil Almy.

Hadir juga Kadis Perindagkop dan UMKM Aceh Utara, Iskandar, Ketua Koperasi Produsen Perkebunan Berkat Bunga Damai, Abubakar AR, Anggota DPRK Aceh Utara, Mukhtar, Anggota DPRK Bireuen DR.H.Atthailah M. Saleh, dan para peserta. (CSB)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...