PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Baca SatuAceh News di Google News

PEMILU  

Resmi Dilantik, 135 PPK di Aceh Utara Diharapkan Jaga Netralitas

Dsc00412 Scaled Resmi Dilantik, 135 Ppk Di Aceh Utara Diharapkan Jaga NetralitasPin
Prosesi Pelantikan & Pengambilan Sumpah Anggota PPK di Aceh Utara. (Foto : Chairul Sya'ban)

SatuAcehNews | Aceh Utara – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, pada Rabu (04/01/2023) melantik 135 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 27 Kecamatan yang dinyatakan lulus seleksi.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, dan disaksikan Asisten I Setdakab Aceh Utara, Dayan Albar, bersama sejumlah pejabat maupun perwakilan jajaran Forkopimda.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, yang diwakili Asisten I, Dayan Albar, mengharapkan penyelenggara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan yaitu PPK agar bekerja profesional dan tetap menjaga netralitas.

“Saya mengharapkan, anggota PPK pada Pemilu 2024 yang tersebar di 27 Kecamatan agar dapat bekerja secara profesional dan tetap menjaga netralitas,” harapnya, usai prosesi pelantikan yang berlangsung di aula kantor Bupati setempat.

PPK yang terpilih dan dilantik pada hari ini, kata Dayan, haruslah mampu bersikap netral dan tidak bersikap diskriminatif terhadap para kandidat atau calon Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, Gubernur/Wakil Gubernur Aceh, DPRA, dan calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara, serta DPRK Aceh Utara, yang akan bertarung dalam pesta demokrasi Pemilu nantinya.

“Saya juga mengingatkan bahwa tugas yang dibebankan kepada saudara-saudara adalah amanah dan kepercayaan yang harus diemban sebagai pengabdian,” tegasnya.

Anggota PPK juga harus mampu bersikap proaktif dalam menjalankan tahap-tahap pelaksanaan Pemilu, mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga hari pemungutan suara.

Yang paling krusial adalah tahap penghitungan suara, hal mana akan menentukan tingkat keberhasilan pelaksanaan Pemilu nantinya. Anggota PPK juga harus selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.

Serta melakukan kerjasama yang baik, terutama dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan tahapan Pemilu, sehingga Pemilu dapat berlangsung dengan efektif, efisien, aman dan damai, sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan.

“Marilah kita semua yang terlibat dalam tahapan pelaksanaan Pemilu, khususnya para anggota PPK, agar mengenali tugas masing–masing. Tugas-tugas tersebut harus dibuat lebih rinci dan terfokus, sehingga menjadi lebih mudah diaplikasikan di lapangan,” tukas Dayan.

Disebutkan, Pemkab Aceh Utara memberi dukungan penuh dalam menyukseskan tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 yang dijalankan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara.

“Untuk itu saya mengajak kita semua mari berkolaborasi untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di wilayah Kabupaten Aceh Utara,” ajak Dayan.

Prosesi pelantikan juga disaksikan oleh Komisioner KIP Aceh, Komisioner Panwaslu Aceh, Komisioner KIP Aceh Utara, Komisioner Panwaslu Aceh Utara, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sementara itu Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar, dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa anggota PPK merupakan jajaran penyelenggaran Pemilu di tingkat kecamatan yang kedudukannya sangat penting.

Zulfikar meminta Pemerintah Daerah memberikan dukungan, memfasilitasi sarana dan prasarana untuk para PPK, bahkan juga untuk petugas Pemilu yang ada di tingkat gampong dan TPS.

Kepada para anggota PPK, Zulfikar meminta agar setelah pelantikan ini langsung melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana tahapan Pemilu.

“Hari ini sedang berjalan tahapan DPD RI, ini butuh kerja keras, pemahaman dan harus siap dengan apa yang sudah dibacakan dalam pakta integritas,” katanya.

“Pahami kode etik dalam tugas-tugas selama tahapan Pemilu, ini mohon dijalankan dengan baik, serta dengan berkoordinasi dengan stakeholder,” imbuh Zulfikar. (CSB)

Baca SatuAceh News di Google News

Share to...