SatuAceh News https://satuaceh.com Berita Aceh Terpercaya Tue, 29 Nov 2022 14:15:40 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.1.1 https://satuaceh.com/wp-content/uploads/2022/09/cropped-logo-new-satuacehnews-300x300.png SatuAceh News https://satuaceh.com 32 32 Bravo PPWI, Razali Pimpin DPC PPWI Untuk Aceh Utara https://satuaceh.com/11/bravo-ppwi-razali-pimpin-dpc-ppwi-untuk-aceh-utara/ https://satuaceh.com/11/bravo-ppwi-razali-pimpin-dpc-ppwi-untuk-aceh-utara/#respond Tue, 29 Nov 2022 14:15:40 +0000 https://satuaceh.com/?p=38681 SatuAcehNews | Aceh Utara – DPC Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Aceh Utara menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) yang berlangsung di salah satu Cafe di Ibukota Aceh Utara, Lhoksukon, Selasa (29/11/2022).

Musyawarah yang dihadiri sejumlah Jurnalis tergabung dalam PPWI ini dilakukan untuk demi kemajuan berkibarnya bendera PPWI khususnya di ‘Bumi Pase’ tersebut, sekaligus melakukan pembentukan struktur baru untuk lima tahun kedepan.

Pada Muscab ini, Razali, yang merupakan Jurnalis media online terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC PPWI Aceh Utara periode 2022-2027, disusul Azhari sebagai Wakil Ketua I, Samsul Airifn sebagai Wakil Ketua II, dan Chairul Sya’ban Wakil Ketua III.

Untuk posisi Sekretaris, dipimpin oleh Samsuir, Bendahara dipimpin oleh Muhammad Azhar, Bidang Humas dipimpin oleh Efendy Noerdin. Sedangkan untuk Bidang Investigasi dipegang oleh Zulmalik, Bidang Diklat oleh Zulkifli, dan Bidang Sosial oleh Mahdi.

Dalam hal ini, Razali menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh anggotanya yang telah mempercayakan dirinya memimpin DPC PPWI untuk Aceh Utara. Iapun menyampaikan beberapa hal demi kemajuan PPWI.

“Insyaallah kedepan kita harapkan DPC PPWI Aceh Utara selalu berada di garda terdepan dalam membangun dan memajukan bangsa dan daerah khususnya di bidang karya jurnalistik,” kata Razali, disambut baik para anggota.

Disebutkan, Muscab yang digelar itu merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan evaluasi DPC PPWI Aceh Utara dalam menjalankan misi Control Sosial masyarakat yang telah berlangsung selama ini.

Para pengurus DPC PPWI Aceh Utara juga diharapkan untuk tetap solid, dan tentunya selalu menjaga Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalankan tugas liputannya di lapangan.

“Tingkatkan rasa solidaritas. Untuk membesarkan organisasi, kita harus kerjasama baik pengurus ataupun anggota. Kita harus melakukan pembenahan agar karya anggota PPWI Aceh Utara kedepan lebih menyentuh kepada masyarakat,” imbuh Razali.

Sementara itu Kabid Humas DPC PPWI Aceh Utara, Efendy Noerdin, menyebutkan, mengawali pembenahan pengurus dan keanggotaan (restruktur) PPWI Aceh Utara akan menyediakan kantor birokrasi lengkap seperti Post Informasi atau tempat pengaduan dan pelaporan masyarakat. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/bravo-ppwi-razali-pimpin-dpc-ppwi-untuk-aceh-utara/feed/ 0
Membangkitkan Kembali Zona Migas Aceh Utara https://satuaceh.com/11/membangkitkan-kembali-zona-migas-aceh-utara/ https://satuaceh.com/11/membangkitkan-kembali-zona-migas-aceh-utara/#respond Tue, 29 Nov 2022 12:55:51 +0000 https://satuaceh.com/?p=38678 SatuAcehNews | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyambut baik rencana kegiatan Drilling (Pengeboran) di wilayah Kabupaten itu untuk mencari cadangan Migas baru yang akan dimulai pada Desember 2022.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, turut mengapresiasi PT Pema Global Energi (PGE) untuk kegiatan tersebut. Mudah-mudahan, kata Azwardi, ini menjadi sinyal positif yang menggembirakan dan akan membangkitkan kembali zona Migas Aceh Utara.

Kegiatan Survei Seismic 3D yang telah dilakukan oleh PT PGE sejak awal Agustus 2022, telah mulai mendeteksi cadangan Migas baru di Aceh Utara. Untuk itu akan dilakukan pengeboran dengan melibatkan para ahli atau engineer Migas.

Demikian hal ini disampaikan Pj Bupati Aceh Utara pada Sosialisasi Pengeboran Migas PT PGE area AOB dan Rayeu, yang berlangsung di Oproom kantor Bupati Aceh Utara, Selasa (29/11/2022).

“Pada Agustus kita bertemu untuk sosialisasi Survei Seismic, Alhamdulillah hari ini dilakukan sosialisasi pengeboran. Ini harus kita syukuri terhadap apa yang diberikan Allah. Kita berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar nanti hasilnya menggembirakan,” kata Azwardi.

Seluruh stakeholder terkait diharapkan agar berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan pengeboran ini. Hal ini sangat penting, karena setiap kegiatan butuh kerjasama yang baik dan dibutuhkan dukungan semua pihak.

“Agar Pak Geusyik sampaikan yang baik kepada masyarakat. Pak Camat juga rapatkan dengan jajaran Muspika, sampaikan informasi yang benar dan tepat kepada masyarakat,” imbuh Azwardi.

Ia juga berharap jangan sampai ada konflik dalam masyarakat terkait rencana pengeboran. Untuk itu diminta agar proses sosialisasi dilakukan dengan baik, hal-hal apa saja yang akan dilakukan, dan memakan waktu berapa lama.

Lebih jauh Azwardi juga meminta manajemen PT PGE tetap memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal dalam setiap kegiatannya di lapangan. Anak-anak muda lokal banyak yang hebat, yang cemerlang SDM-nya.

Ini perlu diperhatikan, untuk dipakai atau direkrut menjadi pekerja. Dulu, lanjut Azwardi, Aceh Utara terkenal hebat dan berjaya dengan ditemukannya cadangan Migas dan dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Mobil Oil.

“Itu adalah masa lalu yang gemilang, hari ini kondisi kita tertatih-tatih. Padahal, pembangunan ekonomi tentu saja memiliki multiflier effect terhadap masyarakat,” tukas Azwardi.

Pemda Aceh Utara saat ini juga konsen mempersiapkan grand design Pendidikan Aceh Utara, mulai dari pendidikan dasar hingga SLTA. Azwardi mengajak manajemen PT PGE turut terlibat dalam meningkatkan SDM anak-anak generasi muda Aceh Utara.

Jika nantinya ditemukan cadangan Migas baru, tentu akan menjadi pembuka jalan bagi peningkatan ekonomi daerah yang akan bermanfaat luas bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami Pemda siap mem-back up bersama Forkopimda. Jika ada masalah di lapangan agar segera dicari solusi dan tingkatkan komunikasi untuk segera diselesaikan,” harap Azwardi.

Sosialisasi yang berlangsung di Oproom Kantor Bupati Aceh Utara ini dihadiri Direktur Utama PT PGE, Teuku Muda Ariaman, jajaran Forkopimda setempat, Asisten II, Dirut Utama PT PGE, mantan Dirut PT PEMA, Zubir Sahim, para Kepala SKPK, para Camat, para Geusyik lokasi rencana drilling, dan sejumlah pejabat PT PGE. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/membangkitkan-kembali-zona-migas-aceh-utara/feed/ 0
Pengeboran Cari Cadangan Migas Baru di Aceh Utara Dimulai Desember 2022 https://satuaceh.com/11/pengeboran-cari-cadangan-migas-baru-di-aceh-utara-dimulai-desember-2022/ https://satuaceh.com/11/pengeboran-cari-cadangan-migas-baru-di-aceh-utara-dimulai-desember-2022/#respond Tue, 29 Nov 2022 11:46:52 +0000 https://satuaceh.com/?p=38674 SatuAcehNews | Aceh Utara – PT Pema Global Energi (PGE) merencanakan kegiatan Drilling (Pengeboran) di wilayah Kabupaten Aceh Utara untuk mencari cadangan Minyak dan Gas (Migas) baru yang akan dimulai pada Desember 2022.

Direktur Utama PT PGE, Teuku Muda Ariaman, sebelumnya melaporkan bahwa kegiatan survei seismic sudah berlangsung dengan baik sebagaimana sesuai dengan arahan Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi.

“Alhamdulillah lancar, sesuai dengan arahan Pak Pj Bupati, terimakasih kepada Pak Pj Bupati atas dukungan terhadap kegiatan PT PGE,” ungkap Ariaman pada Sosialisasi Pengeboran PT PGE area AOB dan Rayeu, Selasa (29/11/2022).

Sosialisasi yang berlangsung di Oproom Kantor Bupati Aceh Utara ini dihadiri Pj Bupati Aceh Utara Azwardi beserta jajaran Forkopimda setempat, Asisten II, Dirut Utama PT PGE, mantan Dirut PT PEMA, Zubir Sahim, para Kepala SKPK, para Camat, para Geusyik lokasi rencana drilling, dan sejumlah pejabat PT PGE.

Dalam hal ini Ariaman menyebutkan, terdapat tiga titik lokasi rencana pengeboran yaitu satu titik di Kecamatan Baktiya dan dua titik di Kecamatan Syamtalira Aron. Ketiga titik ini pada tahun 1974 pernah dilakukan Drilling oleh perusahaan Mobil Oil.

“Ketiga titik ini dulu tahun 1974 sudah pernah dilakukan drilling oleh perusahaan Mobil Oil, titik ini yang kita coba kerjakan kembali karena berdasarkan hasil seismic terdeteksi cadangan Migas,” imbuh Ariaman.

Pekerjaan drilling, kata dia, akan dimulai pada Minggu terakhir di bulan Desember 2022, dan diperkirakan akan selesai pada bulan Juli tahun 2023. Pekerjaan diawali dengan penyiapan lahan, penyiapan akses jalan yang bisa masuk peralatan berat, serta mobilisasi peralatan.

“Peralatan berat dibawa dari Cilegon diangkut lewat laut ke pelabuhan Krueng Geukueh dan dilanjutkan melalui jalan darat,” jelas Ariaman. Untuk pekerjaan Drilling dibutuhkan waktu sekitar 42 hari pada setiap sumur.

Sedangkan spesifikasi pengeboran sama di setiap sumur, yakni dengan kedalaman sekitar 7000 ft. Sementara tenaga kerja yang terlibat langsung berjumlah 48 orang tenaga skill, ditambah dengan 42 orang non skill.

Untuk menangani pekerjaan tersebut manajemen PT PGE telah mengkontrakkan kepada PT Bina Mitra Artha (BMA) yang dinilai sangat kompeten dan berpengalaman dengan pekerjaan drilling Migas.

“Tentu nanti akan ada juga perusahaan-perusahaan lokal yang ikut terlibat. Mohon arahannya Pak Bupati agar kegiatan ini berjalan baik, kita butuh dukungan,” pinta Ariaman. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/pengeboran-cari-cadangan-migas-baru-di-aceh-utara-dimulai-desember-2022/feed/ 0
Hj. Asmidar Hadiri Acara Peringatan HUT KORPRI Ke – 51 Secara Virtual https://satuaceh.com/11/hj-asmidar-hadiri-acara-peringatan-hut-korpri-ke-51-secara-virtual/ https://satuaceh.com/11/hj-asmidar-hadiri-acara-peringatan-hut-korpri-ke-51-secara-virtual/#respond Tue, 29 Nov 2022 07:45:07 +0000 https://satuaceh.com/?p=38658 SatuAcehNews | Banda Aceh – Sekretaris Komisi V DPR Aceh, Hj. Asmidar turut menghadiri HUT ke – 51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) secara virtual di Gedung Serbaguna Sekda Aceh, Selasa, 29/11/2022.

Kehadiran politisi Partai Aceh tersebut mewakili Ketua DPR Aceh, Saiful Bahri atau akrab disapa Pon Yahya.

IMG 20221129 WA0007 Hj. Asmidar Hadiri Acara Peringatan HUT KORPRI Ke - 51 Secara Virtual

“Kita mengapresiasi atas kerja keras seluruh anggota KORPRI Aceh khususnya, dan seluruh anggota KORPRI yang ada di Indonesia. Semoga dengan momen bertambahnya usia wadah ini diharapkan semakin meningkatkan semangat profesionalitas anggotanya dibidang pelayanan publik,” kata Hj. Asmidar kepada Reporter saat dikonfirmasi, Selasa, 29/11/2022.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Komisi V DPR Aceh, Hj. Asmidar berpesan kepada organisasi KORPRI agar terus berinovasi untuk memantapkan kemampuan anggotanya dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab.

“Di era kecanggihan teknologi saat ini, inovasi dari KORPRI sangat dibutuhkan guna mendukung efisiensi dan efektifitas dalam menjalankan tugas untuk bangsa dan negara,” ujar Hj. Asmmidar.

IMG 20221129 WA0000 Hj. Asmidar Hadiri Acara Peringatan HUT KORPRI Ke - 51 Secara Virtual

HUT KORPRI ke – 51 tahun 2022 ini dilakukan secara virtual dengan menyongsong tema, Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Membangun Negeri.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum, unsur Forkopimda Aceh. (Red/AHA)

]]>
https://satuaceh.com/11/hj-asmidar-hadiri-acara-peringatan-hut-korpri-ke-51-secara-virtual/feed/ 0
Laksanakan Mandat Bupati, Camat Pulau Banyak Barat Lantik Pj. Kepala Desa Ujung Sialit https://satuaceh.com/11/laksanakan-mandat-bupati-camat-pulau-banyak-barat-lantik-pj-kepala-desa-ujung-sialit/ https://satuaceh.com/11/laksanakan-mandat-bupati-camat-pulau-banyak-barat-lantik-pj-kepala-desa-ujung-sialit/#comments Mon, 28 Nov 2022 05:30:19 +0000 https://satuaceh.com/?p=38644 SatuAcehNews | Singkil – Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis melalui Camat Pulau Banyak Barat, Mawardi melantik Pejabat (Pj) Kepala Desa Ujung Sialit, Ahmad Syarif menggantikan Kepala Desa sebelumnya Meidisin Zai di Aula Kantor Camat Pulau Banyak Barat, Senin, 28/11/2022.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan surat mandat Pj. Bupati Aceh Singkil kepada Camat Pulau Banyak Barat, sebagai langkah menindaklanjuti putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh nomor : 7/G/2020/PTUN.BNA tahun 2020 lalu.

IMG 20221128 115601 Laksanakan Mandat Bupati, Camat Pulau Banyak Barat Lantik Pj. Kepala Desa Ujung Sialit

Camat Pulau Banyak Barat dalam sambutannya mengatakan kepada Pj. Kepala Desa Ujung Sialit agar melaksanakan tugas sebaiknya-baiknya.

“Alhamdulillah, pelantikan Pj. Kepala Desa Ujung Sialit dapat kita gelar pada hari ini,” kata Mawardi dalam arahannya, Senin, 28/11/2022.

“Diharapkan kepada saudara agar menjalankan amanah serta tugas ini dengan sebaiknya-baiknya,” lanjut Mawardi.

Untuk diketahui sebelum menjabat sebagai Pj. Kepala Desa Ujung Sialitt Ahmad Syarif menjabat sebagai Kasi Ketentraman dan Ketertiban di Sekretariat Kecamatan Pulau Banyak Barat.

IMG 20221128 122630 Laksanakan Mandat Bupati, Camat Pulau Banyak Barat Lantik Pj. Kepala Desa Ujung Sialit

 

Acara tersebut turut dihadiri oleh, Imum Mukim Haloban, Mirwansyah, Babinsa Koramil Pulau Banyak Barat, Pendamping Desa Pulau Banyak Barat, Saiful Alam, Kepala Desa Asantola, Mufliadi, Kepala Desa Suka Makmur, Safriani, perwakilan Kepala Desa Haloban, unsur BPKam Haloban, Asantola, Ujung Sialit, Ketua PKK Kecamatan Pulau Banyak Barat beserta jajaran, serta para perangkat Desa Ujung Sialit, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Red/AHA)

]]>
https://satuaceh.com/11/laksanakan-mandat-bupati-camat-pulau-banyak-barat-lantik-pj-kepala-desa-ujung-sialit/feed/ 1
Dosen STKIP Bina Bangsa Meulaboh Gelar Pelatihan Guru di Nagan Raya https://satuaceh.com/11/stkip-bina-bangsa-meulaboh-pelatihan-guru/ https://satuaceh.com/11/stkip-bina-bangsa-meulaboh-pelatihan-guru/#comments Sun, 27 Nov 2022 03:34:42 +0000 https://satuaceh.com/?p=38636 SatuAcehNews – Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP Bina Bangsa Meulaboh melaksanakan pelatihan kepada guru-guru di Kabupaten Nagan Raya. Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari STKIP Bina Bangsa khususnya peningkatan kualitas tenaga pendidik.

Kegiatan ini dilakukan di SMA IT Nurul Ikhwan Kabupaten Nagan Raya dari tanggal 23-24 November 2022 dan dihadiri oleh guru-guru SMA dan SMP. Dalam kegiatan ini pemateri pertama disampaikan oleh Siti Aminah Nababan, M.Pd dan pemateri kedua oleh Henra Saputra Tanjung, M.Pd. Pelatihan ini juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa STKIP Bina Bangsa.

 

PKM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

 

Kepala Sekolah SMA IT Nurul Ikhwan Agus Huri, S,Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru yang ada di lingkungan Nurul Ikhwan Nagan Raya. Dan saya berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepan dengan materi-materi yang lain sehingga bisa membantu guru dalam mengelola pembelajaran,” ujar Agus Huri.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada STKIP Bina Bangsa Meulaboh selaku penyelenggara kegiatan dan tidak lupa juga kepada Kemendikbud-Ristek yang sudah mendukung pembiayaan dalam kegaiatan ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban seorang dosen dalam menjalankan Tridarma perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan di desa maupun lingkungan sekitar masyarakat, dalam hal ini kegiatan ini juga bisa dilakukan ke sekolah maupun instansi-instansi pemerintah lainnya.

Sehubungan dengan adanya permasalahan yang ada di sekolah maka selaku dosen harus berperan aktif dalam melihat kondisi sekitar baik dalam masyarakat atau instansi sekolah.

 

STKIP Bina Bangsa Meulaboh PKM SMA IT Nurul Ikhwan Nagan Raya

Sejauh ini, guru masih mengalami kesulitan dalam membuat soal yang mampu mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan belum membuat siswa mau menganalisis soal terlebih dahulu sebelum menjawab.

Guru memberikan soal latihan atau soal tes kepada siswa hanya terpaku pada kategori mengingat, memahami, dan menerapkan, dan sarana dan membutuhkan tambahan soal untuk siswa yang memiliki kemampuan berkpikir tingkat tinggi agar siswa mampu mengembangkan cara bernalar mereka.

Pelatihan pembuatan atau pengembangan soal HOTS ini menggunakan tiga kategori berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) berdasarkan revisi taksonomi Bloom, yaitu, menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).

Setiap tingkatan tersebut memiliki kriteria masing-masing yang dapat diadopsi ke dalam soal maupun tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai.

]]>
https://satuaceh.com/11/stkip-bina-bangsa-meulaboh-pelatihan-guru/feed/ 1
Pimpinan Klinik Pratama Landing Isi Sosialisasi Kesehatan Reproduksi https://satuaceh.com/11/pimpinan-klinik-pratama-landing-isi-sosialisasi-kesehatan-reproduksi/ https://satuaceh.com/11/pimpinan-klinik-pratama-landing-isi-sosialisasi-kesehatan-reproduksi/#respond Thu, 24 Nov 2022 02:39:46 +0000 https://satuaceh.com/?p=38631 SatuAcehNews | Aceh Utara – Pimpinan Klinik Pratama Landing Lhoksukon, Ns Mulyadi S.Kep.M.Kes, menyampaikan materinya pada sosialisasi kesehatan bertema “Kesehatan Reproduksi”.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan lainnya yang berlangsung di aula gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, Rabu (23/11/2022).

Ns Mulyadi menyebutkan, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, Saifullah M.Pd. Diharapkan, kegiatan semacam itu dapat bermanfaat bagi para peserta yang nantinya bisa diteruskan ke keluarga maupun tetangga.

Dalam hal ini, Ns Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada Kadis dan seluruh unsur terkait dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dan sudah menjadi salah satu hal yang kolaboratif lintas sektor.

“Karena Klinik Pratama Landing Juga merupakan salah satu tempat pojok baca yang buku-bukunya kerjasama di fasilitasi oleh dinas ARSIPPUS,” demikian kata Ns Mulyadi.

Sementara itu, dalam materinya ia menyampaikan pengenalan terhadap sistim Reproduksi, pengenalan masa pubertas, perawatan, gangguan dan penyakit pada sistim reproduksi baik pria dan wanita. (CSB/Ril)

]]>
https://satuaceh.com/11/pimpinan-klinik-pratama-landing-isi-sosialisasi-kesehatan-reproduksi/feed/ 0
Dikurung dan Sakit, BKSDA Evakuasi Dua Satwa Liar di Lhokseumawe https://satuaceh.com/11/dikurung-dan-sakit-bksda-evakuasi-dua-satwa-liar-di-lhokseumawe/ https://satuaceh.com/11/dikurung-dan-sakit-bksda-evakuasi-dua-satwa-liar-di-lhokseumawe/#comments Tue, 22 Nov 2022 14:55:10 +0000 https://satuaceh.com/?p=38626 SatuAcehNews | Lhokseumawe – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melalui petugas Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe dan Resort Konservasi Wilayah 12 Aceh Utara, mengevakuasi dua ekor satwa liar yang dilindungi, Selasa (22/11/2022).

Kepala Resort 12 KSDA Aceh Utara, Nurdin, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dua jenis satwa liar yang berhasil dievakuasi pihaknya yaitu satu individu Owa Serudung (Hylobates lar) dan seekor burung Elang Bondol (Haliastur Indus).

IMG 20221122 WA0034 Dikurung dan Sakit, BKSDA Evakuasi Dua Satwa Liar di Lhokseumawe
Prosesi penyerahan secara sukarela dari pemilik hewan kepada petugas konservasi. (Foto : Ist)

“Satwa liar tersebut merupakan hasil penyerahan secara sukarela dari salah satu pemilik toko burung yang berdomisili di Kota Lhokseumawe, Aceh. Saat ini, kedua satwa liar tersebut telah dibawa ke kantor SKW I Lhokseumawe,” terang Nurdin kepada SatuAcehNews, Selasa sore.

Disebutkan, kondisi kesehatan Owa Serudung terindikasi kurang gizi atau secara visual tubuh tampak kurus dan bulu tampak kusam. “Sedangkan Elang Bondol, tampak mengalami patah di bagian salah satu sayapnya,” imbuh Nurdin.

Terkait hal ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memberitahukan pihaknya apabila menemukan satwa yang dilindungi apapun jenisnya. Perlu diketahui juga, satwa yang dilindungi tidak boleh dipelihara maupun diperdagangkan, apalagi diburu. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/dikurung-dan-sakit-bksda-evakuasi-dua-satwa-liar-di-lhokseumawe/feed/ 2
Polres Aceh Utara Tingkatkan Patroli, Cegah Gangguan Kamtibmas Selama Piala Dunia https://satuaceh.com/11/polres-aceh-utara-tingkatkan-patroli-cegah-gangguan-kamtibmas-selama-piala-dunia/ https://satuaceh.com/11/polres-aceh-utara-tingkatkan-patroli-cegah-gangguan-kamtibmas-selama-piala-dunia/#respond Sun, 20 Nov 2022 14:08:20 +0000 https://satuaceh.com/?p=38622 SatuAcehNews | Aceh Utara – Kepolisian Resort (Polres) Aceh Utara akan meningkatkan Patroli khususnya di wilayah hukum Polres setempat. Hal ini, guna mengantisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Patroli ditingkatkan apalagi sehubungan dengan berlangsungnya Piala Dunia 2022. Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Aceh Utara agar menjaga Kamtibmas selama Piala Dunia berlangsung.

Pihaknya juga berharap untuk dapat menghindari segala bentuk perjudian ataupun judi bola maupun sebagai bandar. Hal ini disampaikannya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (20/11/2022) sore.

“Piala dunia 2022 merupakan ajang turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang berlangsung di Qatar mulai 20 November-18 Desember 2022, jadikanlah sebagai hiburan tanpa mengganggu kenyamanan orang lain,” harapnya.

Disebutkan, Patroli ini merupakan rangkaian Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dan bersifat Preventif atau pencegahan terhadap semua hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Pria nomor satu di jajaran Polres Aceh Utara itu juga akan menyampaikan kepada seluruh personel baik Polres maupun Polsek dan jajaran Polres Aceh Utara untuk meningkatkan patroli juga memberikan edukasi yang humanis kepada masyarakat selama Piala Dunia.

“Berikan edukasi yang humanis untuk tidak terlibat dalam hal perjudian. Jadikan sebagai hiburan dan juga tidak perlu melakukan perbuatan yang bertentangan dengan aqidah serta euvoria berlebihan,” tandas Kapolres seraya berharap. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/polres-aceh-utara-tingkatkan-patroli-cegah-gangguan-kamtibmas-selama-piala-dunia/feed/ 0
Peran Media di Pemilu ; Cerdas Memberitakan Pemilu 2024 https://satuaceh.com/11/peran-media-di-pemilu-cerdas-memberitakan-pemilu-2024/ https://satuaceh.com/11/peran-media-di-pemilu-cerdas-memberitakan-pemilu-2024/#respond Thu, 17 Nov 2022 12:36:50 +0000 https://satuaceh.com/?p=38616 SatuAcehNews | Aceh Utara – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara menggelar sosialisasi yang mengusung tema “Cerdas Memberitakan Pemilu 2024”.

Giat yang berlangsung di aula KIP setempat pada Kamis (17/11/2022) menghadirkan sejumlah wartawan sebagai peserta sosialisasi dan menghadirkan Dosen Universitas Malikussaleh, Ayi Jufridar, sebagai pemateri yang juga jurnalis senior.

IMG 20221117 110242 261 scaled Peran Media di Pemilu ; Cerdas Memberitakan Pemilu 2024
Sosialisasi Cerdas Memberitakan Pemilu 2024. (Foto : Chairul Sya’ban)

Selama giat berlangsung, dipandu oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KIP Aceh Utara, Muhammad Usman. Kegiatan itupun berlangsung dengan lancar.

Dalam materi yang disampaikan Ayi Jufridar, disebutkan bahwa peran media di Pemilu yaitu mengembangkan partisipasi publik dalam Pemilu dan mendidik pemilih tentang bagaimana menggunakan hak-hak demokrasinya.

Kemudian, modal meliput Pemilu yaitu memahami sistem Politik dan sistem Pemilu. Memahami seluruh proses Pemilu dan mengenal hukum Pemilu khususnya yang mempengaruhi pemberitaan media.

“Memahami peran media dalam peliputan Pemilu, mengetahui sejarah Pemilu di negaranya, mengetahui detail mekanisme teknis seperti pendaftaran pemilih, penghitungan suara dan sejenisnya,” jelas Ayi Jufridar saat menyampaikan materinya.

Modal meliput Pemilu juga harus menguasai cara pemberitaan Pemilu yang spesifik seperti meliput jajak pendapat, meliput suara pemilih (Voter Voice Reporting) dan sebagainya.

Media massa atau Pers, kata Ayi, merupakan pilar demokrasi keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. “Mengapa jadi pilar demokrasi? Pers menjadi kekuatan penyeimbang terhadap kekuasaan, Politik dan Hukum,” jelas Ayi.

Tidak ada demokrasi tanpa Pers bebas, dan media massa juga tunduk pada sistem Pers, sistem pers tunduk pada sistem Politik (Merril & Lowenstein). Berbagai regulasi termasuk UU Pers merupakan hasil dari sistem Politik.

Kemerdekaan Pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum (Pasal 2 UU No.40/99).

Salah satu fungsi Pers nasional adalah menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia serta menghormati Kebhinekaan (Pasal 6).

“Bagaimana peran media pada Pemilu? salah satunya mengembangkan partisipasi publik dalam Pemilu, mendidik pemilih tentang bagaimana menggunakan hak-hak demokrasinya,” tukas Ayi Jufridar. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/peran-media-di-pemilu-cerdas-memberitakan-pemilu-2024/feed/ 0
Kunker ke Aceh Utara, Menteri ATR Serahkan Sertifikat Tanah Plasma ke Petani https://satuaceh.com/11/kunker-ke-aceh-utara-menteri-atr-serahkan-sertifikat-tanah-plasma-ke-petani/ https://satuaceh.com/11/kunker-ke-aceh-utara-menteri-atr-serahkan-sertifikat-tanah-plasma-ke-petani/#comments Thu, 17 Nov 2022 01:32:42 +0000 https://satuaceh.com/?p=38612 SatuAcehNews | Aceh Utara – Menteri ATR/BPN RI, Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah (kebun plasma) kepada petani di Kabupaten Aceh Utara, Rabu (16/11/2022).

Penyerahan sertifikat itupun sehubungan kunjungan kerjanya sekaligus peresmian Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Satya Agung yang berlokasi di Desa Uram Jalan, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara.

Pada kesempatan ini, Hadi turut menyaksikan penekanan tombol sebagai tanda diresmikannya PKS berkapasitas 40 ton/jam dan peresmian Masjid Alm H.M Joesoef Bahroeny.

Hadi mengatakan, petani atau buruh tani harus merasakan kehadiran Negara yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Program plasma adalah jawaban dalam upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia

“Kami ingin ingatkan bagi yang baru saja terima sertifikat, bahwa plasma bersertifikat itu salah satu bentuk perhatian Pemerintah kepada petani dengan tujuan meningkatkan taraf hidup dan peningkatan perekonomian sesuai Peraturan Presiden,” kata Hadi.

Disebutkan, kehadiran program llasma harus tingkatkan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan perkebunan. Sertifikat itu bisa dianggunkan untuk mendapatkan pinjaman bagi pengembangan usaha mikro sehingga bisa dikembangkan usaha produktif.

“Ini penting bagi petani pemegang sertifikat plasma, jadi sambil menunggu panen tiba dalam dua tahun kedepan bisa kembangkan usaha mikro. Simpanlah sertifikat ini dengan baik,” demikian Menteri Hadi seraya berharap.

Ia merincikan, jumlah penerima sertifikat plasma sebanyak seribu petani dari luas lahan 2.000 Ha. Maka untuk itu, kata Hadi, penyerahan sertifikat harus dilaksanakan oleh para pemegang HGU lainnya di Aceh.

“Sehingga masyarakat menerima hak sesuai PP. Ini akan terus membaik ekonomi dan taraf hidup masyarakat,” harap Menteri ATR/BPN RI, Hadi Tjahjanto.

Adapun pada kegiatan ini dihadiri Pj Gubernur Aceh, Mayjen (Purn) Achmad Marzuki, Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Pangdam IM, Wali Nanggroe Aceh, Ketua DPRA, sejumlah pejabat daerah, pengusaha, dan masyarakat petani.

Sementara itu CEO PT Satya Agung, Joefly J Bahruny, menjelaskan, bahwa pabrik sawit yang diresmikan itu memiliki kapasitas pengolahan hingga 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) perjam yang dapat ditingkatkan menjadi 45 ton/jam.

“Kehadiran pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat terutama petani sawit sebagai bagian mempermudah penyerapan buah sawit petani,” sebutnya.

Dengan kehadiran pabrik ini, pihaknya ingin membantu Pemerintah setempat dan pusat untuk memberdayakan perekonomian masyarakat khususnya petani sawit. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/kunker-ke-aceh-utara-menteri-atr-serahkan-sertifikat-tanah-plasma-ke-petani/feed/ 1
Pj Bupati Aceh Utara Kukuhkan Forum Anak Pase https://satuaceh.com/11/pj-bupati-aceh-utara-kukuhkan-forum-anak-pase/ https://satuaceh.com/11/pj-bupati-aceh-utara-kukuhkan-forum-anak-pase/#respond Tue, 15 Nov 2022 02:10:59 +0000 https://satuaceh.com/?p=38608 SatuAcehNews | Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP, MSi, mengukuhkan Forum Anak Pase Aceh Utara periode 2022 – 2023 di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara di Lhoksukon, Senin (14/11/2022).

Dalam arahannya, Azwardi, mengatakan kegiatan itu merupakan agenda persiapan anak-anak Pase menuju generasi emas masa yang akan datang. “Kami melihat kegiatan ini amat penting di mana peran anak sebagai Pelopor dan Pelapor (P2), agar seluruh jajaran forum hendaknya dapat menjalankan fungsi Pelopor sampai ke pelosok desa,” harap Azwardi.

Dia meminta pengurus Forum Anak Pase terus membekali diri dengan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, sebab era digital terkadang mengubah prilaku generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini harus diwaspadai, jangan sampai generasi muda larut dalam hal-hal yang dilarang,” ungkap Azwardi. Kata dia, perubahan paradigma di era digitalisasi telah terjadi pergeseran nilai-nilai adab dan etika. Ini juga masalah bagi kehidupan anak-anak di usia jelang remaja.

“Dengan demikian, kalian harus membangun karakter untuk menunjukkan bahwa kalian anak yang memiliki identitas sebagai agen perubahan.” ungkapnya.

Anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Pase harus selalu mawas diri dan jangan mudah diseret ke hal-hal yang tidak terpuji. “Kalian sebagai pelopor dan pelapor yang merupakan emasnya negara di hari depan.” imbuh Azwardi.

Lebih lanjut Pj Bupati Azwardi juga mengajak para orang tua agar menjaga keluarga dari hal-hal yang dilarang dalam agama. Tanpa pengawasan ketat oleh orang tua, maka anak-anak kita akan menghadapi masalah saat usia beranjak dewasa nanti.

Pada kesempatan itu, Azwardi menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh putra putri terbaik Aceh Utara yang telah dikukuhkan dalam pengurus Forum Anak Pase.

Melalui forum ini diharapkan dapat tercipta generasi-generasi muda yang dapat menciptakan karya-karya yang kreatif dan inovatif, sehingga terwujudnya Kabupaten Aceh Utara yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Pemkab Aceh Utara telah berkomitmen untuk melaksanakan program Kabupaten Layak Anak (KLA) sejak tahun 2017. Sebagai perwujudan Kabupaten yang layak anak, peran serta anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) yang diwadahi dalam Forum Anak perlu dioptimalkan.

“Adik-adik jadilah pelopor dengan senantiasa membiasakan bertindak, berpikir dan berkata positif, berinovasi dan kreatif yang dimulai dari diri sendiri. Juga jadilah pelapor dengan melaporkan hambatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dialami diri sendiri maupun orang lain kepada Pemerintah melalui pendampingan Dinas Sosial P3A Kabupaten Aceh Utara,” tukas Azwardi.

Kegiatan pengukuhan Forum Anak Pase turut dihadiri Katua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Safrizal, SSTP, MAP, Kepala Dinas Sosial P3A Fuad Mukhtar, SSos, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/pj-bupati-aceh-utara-kukuhkan-forum-anak-pase/feed/ 0
Wanita dan Lima Pria Ini Dibekuk Polisi Lhokseumawe, Ada Sabu 156 Gram https://satuaceh.com/11/wanita-dan-lima-pria-ini-dibekuk-polisi-lhokseumawe-ada-sabu-156-gram/ https://satuaceh.com/11/wanita-dan-lima-pria-ini-dibekuk-polisi-lhokseumawe-ada-sabu-156-gram/#comments Mon, 14 Nov 2022 02:07:01 +0000 https://satuaceh.com/?p=38601 SatuAcehNews | Lhokseumawe – Wanita berinisial E (28) asal Kecamatan Seuneuddon, Kabupaten Aceh Utara dibekuk tim Opsnal Sat Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe, Aceh, atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Selain E, Polisi juga meringkus lima orang lelaki, masing-masing berinisial H (28) asal Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, S (40), M (31), R (32) warga Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, SIK melalui Kasat Narkoba Kasat Narkoba Iptu Muhammad Hadimas dalam siaran pers kepada wartawan, menerangkan, keenam tersangka dibekuk pada Senin (07/11/2022).

Polisi mendapati informasi adanya sebuah rumah di Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe kerap dijadikan sebagai tempat transaksi narkoba. Polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap enam tersangka.

“Setelah dilakukan penggeledahan rumah dan badan, dari tersangka ditemukan barang bukti jenis sabu dengan total keseluruhan 156 gram,” terang Kapolres sebagaimana siaran pers yang diterima wartawan, Senin (14/11/2022).

IMG 20221114 WA0006 Wanita dan Lima Pria Ini Dibekuk Polisi Lhokseumawe, Ada Sabu 156 Gram
Barang bukti berupa sabu, alat hisap, timbangan dan ponsel. (Foto : Ist)

Polisi juga mengamankan barang bukti lain berupa satu unit timbangan digital, satu pack plastik transparan berles warna merah, satu unit bong (alat hisap sabu) dan enam unit ponsel.

“Tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolres Lhokseumawe untuk proses lebih lanjut. Dari pengakuan tersangka, barang ini diperoleh dari F (DPO) dengan tujuan untuk diperjual-belikan kepada orang lain,” imbuhnya.

Tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 112 ayat 2 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun serta denda Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/wanita-dan-lima-pria-ini-dibekuk-polisi-lhokseumawe-ada-sabu-156-gram/feed/ 1
Mubes Ikatsi USK Berakhir, M. Adam Terpilih sebagai Ketua https://satuaceh.com/11/mubes-ikatsi-usk-m-adam-ketua/ https://satuaceh.com/11/mubes-ikatsi-usk-m-adam-ketua/#comments Sun, 13 Nov 2022 13:21:59 +0000 https://satuaceh.com/?p=38590 SatuAcehNews – Muhammad Adam. ST. MM. terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala (IKATSI USK) masa bakti 2022-2027 dalam Musyawarah Besar ke-3.

M Adam ketua Ikatsi USK
Muhammad Adam, ST., MM terpilih sebagai kstua Ikatan Alumni Teknik Sipil Universitas Syah Kuala IKATSI USK masa bakti 2022-2027.

Mubes IKATSI USK digelar selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 12-13 November 2022 di Gedung Serba Guna Batoh.

Pria kelahiran Pidie, Muhammad Adam yang juga Kadis Perkim Aceh terpilih dalam pemungutan suara tertutup mengalàhkan 2 kandidat ketua umum lainnya, yaitu Ir. M. Tanwir dan Akhyar Sulhan. ST.

Panitia Pelaksana MUBES III IKATSI USK telah melakukan 2 tahapan online Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum sejak 3 minggu sebelumnya.

Nama M. Adam terlihat terus mengungguli setiap tahapannya.

MUBES III IKATSI-USK yang dibuka oleh Wadek III Fakultas Teknik, Dr. Ir. Farid Mulana. ST. M. Eng., dihadiri Kajur Teknik Sipil FT. USK, Dr. Ir. Yusria Darma. ST. M. Eng. dan Ketua Ikatan Alumni Fakultas Teknik (IKAFT), Ir. Teuku Marzuki.

Dalam sambutannya, Wadek 3 Fakultas Teknik USK menyampaikan akan penting ainergi kegiatan antara kampus dan alumni.

Pada kesempatan terpisah, Junaidi Ali. ST. MT., Ketua Umum IKATSI masa bakti 2017-2022 berharap dengan terpilihnya ketua umum yang baru ini dapat meneruskan tongkat estafet organisasi alumni ini ke generasi yang lebih muda dan dapat menjadi lebih dekat lagi dengan generasi milenial.

]]>
https://satuaceh.com/11/mubes-ikatsi-usk-m-adam-ketua/feed/ 1
JMSI Aceh Lantik Pengurus Cabang Banda Aceh https://satuaceh.com/11/jmsi-aceh-lantik-pengurus-cabang-banda-aceh/ https://satuaceh.com/11/jmsi-aceh-lantik-pengurus-cabang-banda-aceh/#comments Sat, 12 Nov 2022 13:29:52 +0000 https://satuaceh.com/?p=38587 SatuAcehNews | Aceh Utara – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Aceh melantik pengurus cabang JMSI cabang Banda Aceh periode 2022-2027. Pelantikan dilaksanakan di Anjong Mon Mata Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu, (12/11/2022).

Kegiatan yang dibarengi dengan rapat kerja nasional (Rakernas) JMSI seluruh Indonesia tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal JMSI Pusat Eko Pamuji dan puluhan Ketua JMSI Provinsi lainnya di Indonesia.

Sementara dari Pemerintah Aceh hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kadis Kominfo) Aceh Marwan Nusuf yang hadir mewakili Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Ketua JMSI Aceh, Hendro Saky, mengatakan, dengan dilantiknya pengurus cabang Banda Aceh, membuktikan JMSI Aceh terus melebarkan sayap di Aceh. Saat ini sebut Hendro, ada 38 perusahaan media yang telah bergabung dengan JMSI Aceh.

“20 Media tergabung dalam JMSI Provinsi Aceh, JMSI cabang Banda Aceh 9 perusahaan media dan JMSI cabang Aceh Besar 9 perusahaan media,” ujar Hendro di Anjong Mon Mata, sebagaimana siaran pers yang diterima wartawan.

Hendro Saky yang juga pemilik media popularitas.com ini kemudian menuturkan, dengan terbentuknya pengurus cabang, maka ke depan perusahaan media akan mudah teridentifikasi, sehingga diharapkan dapat menjadi perusahaan media yang profesional sesuai amanat undang-undang pers.

Hendro juga meminta kepada Pemerintah untuk dapat terus bersinergi dengan perusahaan pers, mengingat perusahaan pers punya peranan penting dalam pembangunan sebuah daerah baik dalam hal kritik membangun maupun dukungan atas keberhasilan kinerja pemerintah.

“Kedepan isu-isu miring terkait wartawan dapat diminimalisir, sehingga Aceh nantinya bisa punya perusahaan pers yang baik dan dapat membayar wartawan dengan layak. Itu semua dapat lahir dari perusahaan pers yang sehat,” sebut dia kepada wartawan usai acara pelantikan.

JMSI Aceh, kata Hendro, terus mendorong setiap perusahaan pers yang tergabung dalam JMSI agar dapat segera terverifikasi secara administratif dan faktual di dewan pers. Sehingga perusahaan pers dibawah naungan JMSI dapat melahirkan produk jurnalistik yang berkualitas dan sesuai UU Pers.

“Ada 6 media di JMSI Aceh yang sudah terverifikasi secara administrasi, sementara sisanya telah terverifikasi secara administrasi dan faktual,” tuturnya.

Adapun pengurus cabang JMSI Banda Aceh diketuai oleh Suryadi SE (habadaily.com), Wakil Ketua, H Fakhrurrazi (acehinfo.id), Sekretaris Saiful Anwar (mediasatunews.com), Wakil Sekretaris Fajri Fatmawati (femini.id), Bendahara Sharilla Afrianti S.sos (habadaily.com).

Kemudian untuk Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Zulkarnaini (harianAtjeh.com), Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Literasi, Meylida Abdani (acehtime.com), Bidang Pengembangan Potensi Daerah, Nurkhalis Wijaya (prohaba.co), Bidang Pengembangan ICT, Ikhsan B (habadaily.com).

Bidang Kerja Sama Antar Lembaga, Iskandar Norman (acehinfo.id), Bidang Hukum dan Advokasi, Murdhani Abdullah (atjehwatch.com), Bidang Kesekretariatan, Pendataan Anggota, dan Verifikasi, Nasrul (acehinfo.id). (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/jmsi-aceh-lantik-pengurus-cabang-banda-aceh/feed/ 1
12 November 2022 ; Refleksi Hari Kesehatan Nasional Ke-58 https://satuaceh.com/11/12-november-2022-refleksi-hari-kesehatan-nasional-ke-58/ https://satuaceh.com/11/12-november-2022-refleksi-hari-kesehatan-nasional-ke-58/#respond Sat, 12 Nov 2022 13:10:08 +0000 https://satuaceh.com/?p=38585  

Oleh : Ns. Mulyadi, S.Kep.M.Kes (Pimpinan Klinik Landing Lhoksukon-Aceh Utara & Pemerhati Kesehatan)

Penetapan Hari Kesehatan Nasional (HKN) berawal ketika keberhasilan memberantas wabah malaria pada 12 November 1964. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, saat itu ratusan ribu jiwa terenggut nyawanya karena malaria.

Pemerintah berusaha melakukan pemberantasan malaria (Malaria Eradication) di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 1959, dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria untuk menjalankan program tersebut.

Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida dichloro diphenyl trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal di perumahan-perumahan warga.

Penyemprotan tersebut dilakukan di seluruh Jawa, Bali dan Lampung. Secara simbolis, penyemprotan insektisida dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Kegiatan itu juga dirangkai dengan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Setelah lima tahun bergulir, program pemberantasan malaria itu akhirnya berhasil. Sebanyak 63 juta penduduk Indonesia terlindung dari penyakit malaria.

Keberhasilan pemberantasan malaria pada tanggal 12 November 1964 itulah yang kemudian ditetapkan sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Dengan Keberhasilan Masa lalu ini menjadi pengalaman Bangsa Indonesia dalam penanganan dan keluar dari Pandemi Covid -19.

Dalam upaya Pemerintah menjalankan amanat UUD 1945 yaitu melindungi segenab Bangsa termasuk perlindungan di bidang Kesehatan tentunya sangat terdukung oleh pelayanan mitra succes kesehatan Pemerintah yaitu BPJS kesehatan.

Pemerintah tentunya juga tidaklah akan berhasil kalau tanpa dukungan penuh dari masyarakatnya, bersama-sama kita akan bisa melewati masa masa sulit ini.

Walaupun bangsa Indonesia telah mampu melewati masa krisis Pandemi Covid -19 yang hampir tiga tahun berjalan, Namun Bangsa indonesia tetap harus tetap waspada dan diharapkan kepada seluruh masyarkat Indonesia tidak lengah karena Covid -19 ini masih ada walaupun dengan varian baru yang lebih sof gejalanya, tetap patuhi peraturan pemerintah terkait Pandemi ini. ***

]]>
https://satuaceh.com/11/12-november-2022-refleksi-hari-kesehatan-nasional-ke-58/feed/ 0
Pj Bupati Ajak Semua Unsur Bangun Komunikasi Yang Baik Dengan Pers https://satuaceh.com/11/pj-bupati-ajak-semua-unsur-bangun-komunikasi-yang-baik-dengan-pers/ https://satuaceh.com/11/pj-bupati-ajak-semua-unsur-bangun-komunikasi-yang-baik-dengan-pers/#comments Sat, 12 Nov 2022 10:02:32 +0000 https://satuaceh.com/?p=38576 SatuAcehNews | Aceh Utara – Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, mengajak semua unsur terus membangun komunikasi yang baik dengan Pers untuk kemajuan daerah. Hal ini disampaikannya pada kegiatan Pendidikan, Pelatihan dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik, Sabtu (12/11/2022).

Tak hanya itu, Azwardi yang secara resmi membuka kegiatan ini juga mengajak semua elemen untuk terbuka dengan wartawan apalagi dalam penggunaan dana, baik dana Otsus, APBK atau dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS).

“Saya secara resmi membuka kegiatan ini. Maka dalam hal ini, Saya mengajak semua elemen mari berkolaborasi dengan saudara kita wartawan untuk mengupdate pencapaian yang kita lakukan agar semua informasi terupdate,” kata Azwardi Abdullah.

Penggunaan dana BOS misalnya dan otsus. Kata Azwardi, itu tidak ada yang perlu ditutup-tutupi, maka harus melakukan secara transparansi. Iapun mengajak rekan-rekan wartawan agar sama-sama membangun Pasee.

“karena sehebat apapun kita, tanpa kerja Pers kita tidak bisa. “Banyak hal-hal yang semestinya perlu dipublikasi oleh saudara (wartawan) agar informasi tersampaikan ke masyarakat. Begitu juga kalau ada keluhan dari masyarakat menjadi catatan bagi Kami,” ucap Azwardi lagi.

Azwardi mencontohkan seperti musibah banjir yang menerjang Pusat Kota Lhoksukon, dengan berkat bantuan rekan-rekan wartawan yang terus mengupdate berita, sehingga Menteri PUPR langsung turun ke Aceh Utara.

“Alhamdulillah banjir kemarin sedikit teratasi bahkan sampai Mentri turun kemari berkat pemberitaan media. Para pemangku kepentingan hadir ke sini. Alhamdulillah tertangani dengan baik. Kemudian juga mengenai Stunting, sejak Saya ke sini bulan Juli angka Stunting 7,2%, alhamdulillah sekarang jadi 6,1 %,” sebut Azwardi.

Dalam hal ini Azwardi berterimakasih kepada pihak media yang selama ini telah berkolaborasi dalam pembangunan Aceh Utara. Adapun kegiatan Pendidikan, Pelatihan dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) maupun pengurus Aceh Utara – Lhokseumawe.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan sektor pendidikan dan unsur Muspida Plus Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Pembukaan Diklat tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi.

Sementara pematerinya dari sejumlah petinggi PWI Aceh seperti Ketua Dewan Kehormatan Pers (DKP) Tarmilin Usman SE, M.Si dan Mukhlis serta praktisi pers Indonesia asal Sumatera Utara Muhammad Syahrir, M.I.Kom.

Kegiatan Diklat Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik tersebut digelar sejak pukul 08.30 WIB hingga selesai pukul 12.00 WIB. Sejumlah pemateri dari PWI Aceh dan praktisi pers memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu juga, Tarmilin Usman selaku Ketua DKP PWI Aceh juga mengajak semua elemen terus menjaga hubungi baik dengan wartawan. Tarmilin meminta agar semua elemen dapat melayani wartawan dan memberikan hak jawab apabila didatangi wartawan.

“Jangan takut sama wartawan, dari organisasi manapun kalau dia wartawan harus dilayani, kalau tidak dilayani nanti wartawan itu menulis sesuka hatinya yang rugi nanti bapak ibu. Sekali lagi saya bilang jangan takut sama wartawan, karena wartawan itu bukan malaikat pencabut nyawa,” tegas Tarmilin Usman.

Sementara Muhammad Syahrir, selaku praktisi pers Indonesia juga memberikan pandangan kehadiran pers di tengah-tengah masyarakat saat ini. Syahrir juga memberi gambaran seperti apa wartawan yang sepatutnya dilayani atau tidak.

Ketua PWI Aceh Utara-Lhokseumawe, Sayuti Achmad dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua tamu undangan yang telah berhadir pada kegiatan Diklat dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik ini.

“Kegiatan ini merupakan sebuah edukasi yang sangat bernilai untuk disampaikan, agar semua pihak mengetahui bagaimana kerja wartawan dan seperti apa kode etiknya. Kita berharap semua mitra kerja kita, agar lebih cerdas menghadapi wartawan di lapangan,” ujar Sayuti Achmad.

Ketua Panitia Muchlis menyampaikan, dalam kegiatan tersebut, selain para kepala sekolah SD, SMP dan SMA juga turut dihadiri para mahasiswa dari Universitas Malikussaleh (Unimal). Kemudian para tamu peserta diberikan sertifikat PWI sebagai tanda telah selesai mengikuti Diklat Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/pj-bupati-ajak-semua-unsur-bangun-komunikasi-yang-baik-dengan-pers/feed/ 1
Forum Jurnalis Lingkungan Desak Polda Aceh Usut Perambahan Hutan https://satuaceh.com/11/forum-jurnalis-lingkungan-desak-polda-aceh-usut-perambahan-hutan/ https://satuaceh.com/11/forum-jurnalis-lingkungan-desak-polda-aceh-usut-perambahan-hutan/#comments Thu, 10 Nov 2022 11:47:44 +0000 https://satuaceh.com/?p=38573 SatuAcehNews | Banda Aceh – Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh meminta kepada Polda Aceh untuk mengusut pelaku perambahan hutan di Aceh, salah satunya di sekitar pembangunan jalan Jantho (Aceh Besar) – Lamno (Aceh Jaya) yang ditemukan oleh Satgas Hutan Lestari.

Penegakan hukum menjadi salah satu instrumen melindungi hutan dan alam Aceh dari kerusakan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Departemen Program, Advokasi dan Monitoring FJL Aceh, Munandar Syamsudin, Kamis (10/11/2022).

“Temuan Satgas Hutan Lestari tidak mengejutkan sebab perambahan hutan Aceh terjadi lebih masif dari yang mereka temukan itu. Namun temuan mereka telah memperkuat fakta adanya perambahan hutan,” kata Munandar, dalam siaran pers kepada wartawan.

Sebelumnya Polda Aceh mengeluarkan siaran pers terkait temuan hutan yang telah gundul di kawasan pembangunan jalan Jantho – Lamno. Dari foto yang diambil melalui udara memperlihatkan terdapat sepetak hutan yang gundul, seperti lapangan, di antara hutan yang padat.

“Kami berharap Polda Aceh untuk mengusut siapa pelaku perambahan hutan yang ditemukan dalam pemantauan itu,” kata Munandar. Menurutnya, jika tidak ditindaklanjuti, temuan itu tidak akan berefek pada upaya menjaga kelestarian hutan Aceh.

Merujuk pada data Yayasan Hutan Alam Lingkungan Aceh selama 2017 hingga 2019, Aceh kehilangan tutupan hutan 48.031 hektar. Beberapa titik deforestasi berada di Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Aceh Tengah. “Namun selama ini penegakan hukum masih lemah,” imbuh Munandar.

Iapun mengapresiasi upaya Polda Aceh untuk memantau kondisi hutan Aceh melalui udara menggunakan helikopter dan dia berharap pemantauan dilakukan berkala ke banyak kawasan.

FJL Aceh juga berharap kegiatan pemantauan hutan itu tidak hanya dilakukan di wilayah jalan Jantho – Lamno saja, akan tetapi dilakukan di seluruh Aceh baik di lokasi tambang ilegal dan alih fungsi lahan menjadi perkebunan.

“Jangan berhenti disitu saja, pantau juga di Geumpang, Geureudong Pase, Beutong, Rawa Singkil, Aceh Tamiang, dan Aceh Tengah,” harap Munandar.

Sebelumnya Polda Aceh juga menyebutkan dari 87 panglong kayu di Aceh sebagian tidak berizin. Menurut Munandar panglong tidak berizin harus ditindak secara hukum. Sementara panglong yang memiliki izin harus dipastikan kayu yang mereka perjualbelikan bukan kayu illegal. (CSB/Rilis)

]]>
https://satuaceh.com/11/forum-jurnalis-lingkungan-desak-polda-aceh-usut-perambahan-hutan/feed/ 1
Angler Pulau Tuangku Juarai Fun Fishing 2022 di Aceh Singkil https://satuaceh.com/11/angler-pulau-tuangku-juarai-fun-fishing-2022-di-aceh-singkil/ https://satuaceh.com/11/angler-pulau-tuangku-juarai-fun-fishing-2022-di-aceh-singkil/#comments Wed, 09 Nov 2022 11:01:37 +0000 https://satuaceh.com/?p=38563 SatuAcehNews | Singkil – Lomba mancing yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga pada Tahun 2022 bertajuk Fun Fishing.

Acara dilaksanakan di Kecamatan Pulau Banyak, Sabtu, 5 November 2022. Dan diikuti oleh pemancing yang berasal dari Provinsi Aceh dan juga pemancing asal Provinsi Sumatera Utara.

IMG 20221109 175129 Angler Pulau Tuangku Juarai Fun Fishing 2022 di Aceh Singkil
Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis diwakili oleh Asisten II, Faisal saat menyerahkan hadiah kepada Tim Angler Pulau Tuangku.

Ada 2 kategori yang diperlombakan, yakni kelas pinggiran dan kelas tim dengan total hadiah yang diperebutkan Rp 46.800.000.

Dari banyaknya peserta lomba, tentu yang sering menjadi pertanyaan adalah siapakah yang menjuarai event tersebut?

Juara umum untuk kelas tim pada event Fun Fishing 2022 berhasil di raih oleh tim yang bernama Angler Pulau Tuangku nomor 34, dengan perolehan 24,15 kilogram ikan pancingan berbagai jenis.

Ketua Tim Angler Pulau Tuangku saat dikonfirmasi di Kecamatan Pulau Banyak Barat mengatakan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Fun Fishing 2022 di Pulau Banyak.

“Kami sangat mengapresiasi Fun Fishing 2022 ini, dan kepada panitia kami ucapkan terima kasih,” kata Muhammad Danil saat ditanyai Reporter di Desa Haloban, Rabu, 09/11/2022.

Tim Angler Pulau Tuangku terdiri dari 3 orang yakni, Muhammad Danil, Ari dan Empi.

“Event ini sangat-sangat positif untuk terus di gelar setiap tahunnya karena dapat meningkatkan UMKM lokal,” terang Muhammad Danil.

Kemudian Danil yang merupakan warga Desa Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat juga berharap pada event fun fishing selanjutnya agar dapat di gelar di Pulau Tuangku.

IMG 20221108 WA0006 Angler Pulau Tuangku Juarai Fun Fishing 2022 di Aceh Singkil
Empi (kiri) dan Muhammad Danil (kanan) berfoto sambil memegang tropi kemenangan di depan gapura Desa Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat.

“Spot mancing di Pulau Tuangku (Pulau Banyak Barat) boleh juga digelar oleh Pemkab Aceh Singkil karena di sini karena banyak spot yang patut di coba oleh pemancing mania,” lanjutnya.

Dengan mensabet juara umum pada kelas tim maka Angler Pulau Tuangku berhasil memboyong pulang hadiah Rp 10.000.000 plus tropi.

IMG 20221108 WA0005 Angler Pulau Tuangku Juarai Fun Fishing 2022 di Aceh Singkil
Tim Angler Pulau Tuangku berbagi kemenangan bersama masyarakat Pulau Tuangku (Pulau Banyak Barat).

Kemudian untuk Juara 1 kelas tim kembali dimenangkan Angler Pulau Tuangku dengan keberhasilan mengumpulkan 16 poin.

Pria lulusan Universitas Syiah Kuala tersebut, Muhammad Danil selaku ketua sangat bersyukur atas kemenangan ini, “Kerja sama tim dan do’a teman-teman, Alhamdulillah,” ucapnya.

Dengan memenangkan juara umum dan juara 1 pada event Fun Fishing 2022, Tim Angler Pulau Tuangku membawa pulang total hadiah Rp 17.000.000 plus tropi. (AHA)

]]>
https://satuaceh.com/11/angler-pulau-tuangku-juarai-fun-fishing-2022-di-aceh-singkil/feed/ 1
Kapolres Aceh Utara dan PJL Besuk Wartawan Yang Sakit https://satuaceh.com/11/kapolres-aceh-utara-dan-pjl-besuk-wartawan-yang-sakit/ https://satuaceh.com/11/kapolres-aceh-utara-dan-pjl-besuk-wartawan-yang-sakit/#comments Tue, 08 Nov 2022 10:55:38 +0000 https://satuaceh.com/?p=38559 SatuAcehNews|Aceh Utara – Semangat Fahril Zubir kembali terlihat di wajahnya sesaat Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal bersama rombongan dan rekan Persatuan Jurnalis Lhoksukon (PJL) tiba di kediamannya di Gampong Alue Buya, Kecamatan Baktiya, Selasa (08/11/2022).

Kapolres Riza Faisal tiba di kediamannya Fahril Zubir turut didampingi Wakapolres Kompol Rizal Antoni, Kasat Intel AKP Imran, Kasat SDM AKP Ildani Ilyas dan anggota lain Kasubaghumas Polres.

Hadir juga Ketua Persatuan Jurnalis Lhoksukon (PJL) Zulkifli Anwar bersama Sekjen Jamaluddin Idris, dan Humas Syahrul dan anggotanya.

Sebagai bentuk kepedulian, Kapolres Riza Faisal dalam momen ini turut memberikan santunan dan bantuan sembako kepada mantan wartawan LKBN ANTARA tersebut.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bersama PJL dan rekan-rekan dapat membesuk rekan wartawan yang sedang sakit ini dan doa kita bersama semoga rekan kita ini lekas sembuh,” ucap Riza Faisal di sela-sela momen itu.

Sebagai informasi tambahan, Fahril Zubir ini merupakan wartawan yang sebelumnya pernah bekerja di Koran Harian Rakyat Aceh (JPNN GROUP) dan juga LKBN ANTARA ACEH. Namun setahun terakhir lebih, ia menderita sakit lambung dan jantung, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas sebagai seorang wartawan seperti sebelumnya.

Sementara itu, Ketua PJL Zulkifli Anwar dalam hal ini turut perihatin dengan kondisi Fahril Zubir saat ini, apalagi memiliki dua orang anak yang masih kecil.

“Kita harapkan dengan kehadiran kita hari ini setidaknya bisa memberi semangat kesembuhan untuk sahabat kita, sehingga ke depan bisa sehat kembali seperti sediakala dan bisa bergabung melakukan liputan bersama seperti sebelumnya. Terimakasih yang tak terhingga kepada Kapolres Aceh Utara yang telah peduli terhadap teman kita yang sedang sakit. Semoga hubungan kemitraan antara Polisi dan Wartawan terus terjalin dengan baik,” ucap Zulkifli Anwar. (CSB/Rilis)

]]>
https://satuaceh.com/11/kapolres-aceh-utara-dan-pjl-besuk-wartawan-yang-sakit/feed/ 1
PPWI Silaturrahmi Dengan Pj Bupati Aceh Utara, Ini Yang Dibahas https://satuaceh.com/11/ppwi-silaturrahmi-dengan-pj-bupati-aceh-utara/ https://satuaceh.com/11/ppwi-silaturrahmi-dengan-pj-bupati-aceh-utara/#comments Mon, 07 Nov 2022 17:16:43 +0000 https://satuaceh.com/?p=38554 SatuAcehNews | Aceh Utara – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Aceh Utara silaturahmi dengan Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, diruang kerjanya, Senin (07/11/2022).

Ketua Harian PPWI Aceh Utara, Razali, mengatakan bahwa pertemuan ini sebagai bentuk meningkatkan tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dengan anggota PPWI Aceh Utara.

“Dalam pertemuan tersebut PPWI Aceh Utara siap bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan mendukung penuh program Pemerintah Aceh Utara kedepan,” pungkas Razali.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, menyambut baik dengan kehadiran Ketua dan Anggota PPWI Aceh Utara ini. Karena untuk membangun Aceh Utara memerlukan kerjasama baik dari berbagai pihak khususnya dengan Pewarta Warga.

Menurutnya, wartawan salah satu ujung tombak dari pelaksanaan pembangunan khususnya di Aceh Utara. Oleh sebab itu, ia berharap PPWI Aceh Utara salah satu organisasi profesi wartawan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/ppwi-silaturrahmi-dengan-pj-bupati-aceh-utara/feed/ 1
Terisolir Banjir Aceh Tamiang, Politisi Perempuan PKS Ini Nekat Terobos untuk Serahkan Bantuan https://satuaceh.com/11/nova-zahara-bantu-banjir-aceh-tamiang/ https://satuaceh.com/11/nova-zahara-bantu-banjir-aceh-tamiang/#comments Sun, 06 Nov 2022 05:33:30 +0000 https://satuaceh.com/?p=38547 SatuAcehNews | Aceh Tamiang – Nova Zahara, Anggota DPR Aceh dari Fraksi PKS nekad menerobos banjir Aceh Tamiang yang telah melanda semua kecamatan di Kabupaten kabupaten tersebut pada hari Sabtu (05/11/2022) sekitar pukul 11.50 WIB.

Kampung Suka Mulia Upah, Kampung Suka Jadi dan Kampung Suka Damai, Kecamatan Banda Mulia adalah diantara 3 kampung di Kabupaten Aceh Tamiang yang telah 5 hari dilanda banjir dan terputus akses keluar sehingga stok makanan warga mulai menipis.

“Kami sudah 5 hari terkurung banjir Aceh Tamiang di sini Bu Nova. Stok makanan menipis dan bahkan air bersih untuk minum pun mulai habis,” kata Datok Zulkarnain kepada Nova Zahara yang hadir langsung di Kampung Suka Mulia Upah.

“Kami sangat bahagia dan merasa senang dengan kunjungan Bu Nova dan keluarga serta mendapat bantuan bantuan sembako untuk meringankan beban kami,” lanjut Datok Zol ketika menerima bantuan dari Nova Zahara.

Politisi perempuan dari PKS Aceh ini menceritakan bahwa dirinya mendapat informasi terkait terisolirnya 3 kampung ini akibat banjir Aceh Tamiang dan langsung bergerak dari Langsa menuju lokasi setelah sebelumnya memberikan bantuan ke Kampung Bandung dan Seunebok Baro.

Banjir Aceh Tamiang Nova Zahara
Nova Zahara ditemani Henny, Dina dan Nur Azmi ketika menyerahkan bantuan kepada Datok Suka Mulia Upah Zulkarnain dan Datok Suka Damai, Ian di halaman mesjid setempat (05/11/2022) karena tempat lain sudah digenangi air banjir Aceh Tamiang.

 

“Saya tanpa pikir panjang langsung menerobos banjir di jalan dan Alhamdulillah sampai dengan selamat ke Kp. Suka Mulia Upah ini,” kata Nova.

Lebih lanjut Nova mengatakan bahwa dirinya dan tim seharusnya juga akan mengantarkan bantuan ke Rantau dan Seruway, namun karena banjir yang melanda Aceh Tamiang sangat tinggi sehingga tidak bisa dilalui.

“Banjirnya terlalu tinggi, sehingga kami tidak bisa lewat ketika mau memberikan bantuan ke Kec. Rantau dan Seruway,” lanjut Nova yang didampingi oleh Henny, Dina dan Nur Azmi.

Di tempat yang sama, Datok Ian yang merupakan Datok Kampung Suka Damai menyampaikan ucapan Terima kasih yang tak terhingga serta tidak menyangka anggota DPRA Fraksi PKS ini bisa sampai di kampungnya.

“Terus terang kami tidak menyangka ada bantuan ini, karena akses ke kampung kami sudah 5 hari terputus. Terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada Bu Nova dari PKS,” ujar Datok Ian dengan semangat.

Sebagai informasi, akibat banjir Aceh Tamiang, ada lebih dari 10 posko sudah didirikan di 3 kampung ini dengan total jumlah warga terdampak lebih dari 2500 jiwa.

]]>
https://satuaceh.com/11/nova-zahara-bantu-banjir-aceh-tamiang/feed/ 1
Tiba di Aceh Tamiang, Pemkab Aceh Utara Salurkan Bantuan dan Uang Rp 100 Juta https://satuaceh.com/11/tiba-di-aceh-tamiang-pemkab-aceh-utara-salurkan-bantuan-dan-uang-rp-100-juta/ https://satuaceh.com/11/tiba-di-aceh-tamiang-pemkab-aceh-utara-salurkan-bantuan-dan-uang-rp-100-juta/#comments Sat, 05 Nov 2022 02:48:44 +0000 https://satuaceh.com/?p=38543 SatuAcehNews | Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyalurkan paket bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Aceh Tamiang melalui posko pengendalian banjir di Kabupaten setempat itu, Sabtu (03/11/2022) dini hari tepatnya pada pukul 00.00 WIB.

Berdasarkan arahan dari Pj. Bupati Aceh Utara Azwardi, AP., M.Si bantuan tersebut lang­sung diantar oleh Sekda Aceh Utara Dr. A. Murtala, M.Si, didampingi Asisten I Dayan Albar, S.Sos., MAP, Kadis Sosial P2P Fuad Mukhtar, SSos, MSM dan Kabag Kesra Setdakab Aceh Utara Dahlan.

IMG 20221105 WA0033 Tiba di Aceh Tamiang, Pemkab Aceh Utara Salurkan Bantuan dan Uang Rp 100 Juta
Sekda Aceh Utara Dr. A. Murtala, M.Si (kiri) menyerahkan bantuan dan uang tunai Rp 100 Juta diterima Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH, Mkn. (Foto : Ist)

Seluruh bantuan berupa mi instan, air mineral, biskuit, dan telur serta sumbangan dalam bentuk uang tunai Rp 100 juta diterima langsung oleh Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., Mkn.

Sekda Aceh Utara yang akrab disapa Pak Murtala itu mengatakan bantuan dalam bentuk sembako dan uang tunai dengan total berjumlah 145 juta ini merupakan wujud kepedulian Pemkab dan ASN di Aceh Utara terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Aceh Tamiang.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kami di Aceh Tamiang yang terkena banjir,” kata Dr. Murtala.

Pj. Bupati Aceh Utara melalui Sekda Dr. Murtala juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah banjir yang melanda wilayah Aceh Tamiang, serta medo’akan agar banjir cepat surut dan seluruh persoalan pasca-banjir bisa teratasi.

“Mari kita berdoa agar musibah ini cepat berakhir, sehingga kondisi aktivits masyarakat dapat kembali normal seperti semula,” tuturnya.

Selain itu, Pj Bupati Aceh Utara melalui Sekda juga mengucapkan terimakasih kepada ASN Aceh Utara yang turut peduli atas musibah yang dialami oleh warga di Aceh Tamiang. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/11/tiba-di-aceh-tamiang-pemkab-aceh-utara-salurkan-bantuan-dan-uang-rp-100-juta/feed/ 1
Disbudpar Promosikan Seni dan Budaya Aceh Lewat Film Hikayat Waroeng Kupi https://satuaceh.com/10/disbudpar-promosikan-seni-dan-budaya-aceh-lewat-film-hikayat-waroeng-kupi/ https://satuaceh.com/10/disbudpar-promosikan-seni-dan-budaya-aceh-lewat-film-hikayat-waroeng-kupi/#respond Sun, 30 Oct 2022 10:25:34 +0000 https://satuaceh.com/?p=38529 SatuAcehNews | Banda Aceh – Gala Primeire Film Hikayat Waroeng Kupi karya sineas Aceh diputar perdana di Taman Budaya Aceh, Minggu (30/10/2022). Film ini menceritakan tentang kesenian hingga budaya masyarakat Aceh.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, mengapresiasi sejumlah karya sineas Aceh. Menurutnya Film menjadi media yang tepat untuk mempromosikan seni budaya dan destinasi wisata yang ada di Aceh.

“Salah satu cara mempromosikan tempat pariwisata dan budaya Aceh bisa dengan film. Ini juga sebagai bentuk pemulihan ekonomi kreatif bagi sineas pasca pandemi. Geliat dunia kreatif khusus film tidak terlepas dari intervensi pemerintah,” kata Almuniza dalam keterangannya, Sabtu (29/10/2022).

Film tersebut mengandung nilai sejarah serta budaya yang disampaikan melalui dialog serta adegan. Selain itu ada gambaran budaya duduk di warung kopi menjadi daya tarik tersendiri, dan ini bisa mengundang wisatawan.

IMG 20221029 WA0027 Disbudpar Promosikan Seni dan Budaya Aceh Lewat Film Hikayat Waroeng Kupi
Foto ; Ist

“Duduk di warung kopi juga menjadi trend bagi para wisatawan. ada wisatawan jauh-jauh ke Aceh ingin menikmati suasa serta cita rasa kopi di warung kopi. apalagi, di film itu ada cerita warung modern sekelas coffee truck,” kata Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari.

Pemeran dalam film Hikayat Waroeng Kupi sebagai Nun, Ambia Adinda menagatakan film ini sangat cocok ditonton oleh milenial khususnya para remaja Aceh. Untuk memahami bagaimana tentang film fiksi, industri kreatif, tentang sejarah, dan peluang-peluang animator di Aceh.

Film Hikayat Waroeng Kupi ini juga diperankan oleh Duta Wisata Indonesia 2021, Salwa Nisrina Authar. Didalam cerita film Hikayat Waroeng Kupi ini, Salwa mengalami masalah penciuman, dia tidak bisa mencium dan merasa. Salwa memiliki sahabat, ada Nun dan Adang.

Mereka berdua memiliki kelebihan dibanding Salwa. Nun adalah anak yang cerdas dan sangat peka terhadap rasa kopi, sedangkan Adang memiliki bakat dalam menyaring kopi. Ketiganya bercerita tentang ragam jenis kopi dari berbagai destinasi wisata yang ada di Aceh.

Penyelenggara kegiatan, Abdul Razak mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar nonton film tetapi juga ada rangkaian kegiatan lainnya.

“Selain pemutaran film, kita juga mengadakan workshop dan diskusi bersama para sineas serta talent (pemain film). Kita juga akan berkolaborasi untuk mempromosikan produk lokal yang dikaryakan oleh UMKM. Pemuda kreatif harus selalu berinovasi dan berkolaborasi,” ujar Razak.

Adapun tema yang diangkat dalam workshop adalah ‘Peran Industri Kreatif dalam Meningkatkan Ekonomi Pemuda’. Penyelenggara berharap anak-anak muda bisa lebih terbuka wawasannya di industri kreatif. Bukan saja film, tapi juga sektor kreatif lainnya masih membuka peluang.

“Nantinya, kita juga akan menampilkan Film animasi Sultan Iskandar Muda untuk menyadarkan masyarakat bahwa anak-anak Aceh juga mampu memproduksi film animasi,” tambahnya.

Acara ini juga diinisiasi untuk mempromosikan budaya dan pariwisata masyarakat Aceh sekaligus mempromosikan destinasi wisata melalui film yang ditayangkan. Kemudian mengenai literasi sejarah terkait latarbelakang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA).

Kegiatan tersebut juga melibatkan pelaku UMKM, seperti Ija Kroeng, Minyeuk Pret, dan beberapa lainnya. Panitia juga menyediakan tiket on the spot secara gratis bagi siapapun yang ingin berhadir. Nantinya, akan ada puluhan doorprize yang diberikan oleh panitia kepada peserta yang beruntung.

Kegiatan Gala Premiere ini bagian dari kegiatan Diskusi dan Pemutaran Film karya sineas Aceh. Sedikitnya ada lima film yang diputar di ruang publik dan dilakukannya diskusi untuk mengedukasi para penonton. (CSB)

]]>
https://satuaceh.com/10/disbudpar-promosikan-seni-dan-budaya-aceh-lewat-film-hikayat-waroeng-kupi/feed/ 0
Muskotlub PMI Banda Aceh Bermasalah, Relawan TSR / KSR Tolak Hasilnya https://satuaceh.com/10/muskotlub-pmi-banda-aceh-bermasalah-relawan-tolak/ https://satuaceh.com/10/muskotlub-pmi-banda-aceh-bermasalah-relawan-tolak/#comments Sun, 30 Oct 2022 03:47:36 +0000 https://satuaceh.com/?p=38521 SatuAcehNews | Banda Aceh – Musyawarah Kota Luar Biasa Muskotlub PMI Banda Aceh pada Kamis (27/10/2022) baru berakhir.

Dalam Muskotlub PMI Banda Aceh tersebut, terpilih calon tunggal yaitu Ahmad Haeqal Asri sebagai Ketua Umum PMI Kota Banda Aceh periode 2022-2027.

Namun hasil tersebut mendapat penolakan dari kelompok-kelompok relawan. Relawan-relawan yang tergabung dalam TSR / KSR PMI Kota Banda Aceh menyatakan menolak hasil muskotlub tersebut.

Awalin Ridha, S.Pd sebagai perwakilan KSR dan Firmansyah, S.TP sebagai perwakilan TSR yang menghadiri muskotlub PMI Banda Aceh menyatakan penolakan hasil muskotlub ini.

Hal-hal pokok penolakan sudah tertuang pada Legal Oponion (LO) dari Ahli Hukum / Lawyer Nourman Hidayat, SH. yang mana telah diserahkan kepada Walikota Banda Aceh (ex officio sebagai Pelindung PMI Kota Banda Aceh); Ketua DRPK Banda Aceh; Pengurus PMI Aceh; dan Pengurus PMI Kota Banda Aceh; serta Pengurus PMI Kecamatan se Banda Aceh.

Tolak hasil Muskotlub PMI Banda Aceh
Firmansyah mewakili relawan TSR PMI Kota Banda Aceh.

Dari LO yang beredar, dapat diamati bahwa, dari 3 kesimpulan tersebut adalah:

1. Bahwa Musyawarah Kota Luar Biasa PMI Kota Banda Aceh adalah legal dilaksanakan oleh Pelaksana Tugas Baru berdasarkan surat keputusan nomor 31/KEP/PM/X/2022 berikut wewenang yang ada di dalamnya.

2. Bahwa berdasarkan AD/ART PMI dan Peraturan Organisasi PMI maka penetapan dan penerbitan SK Pengurus bukan wewenang Pelaksana tugas Ketua PMI.

3. Bahwa Musyawarah Kota Luar Biasa akan menjadi tidak sah secara hukum apabila melibatkan 9 (Sembilan) utusan dari Pengurus Kecamatan yang baru ditetapkan oleh Pelaksana Tugas, sdr. H. T. Ibrahim pada tanggal 21 Oktober 2022. Dan karenanya legalitas 9 kecamatan baru dapat terpenuhi apabila disahkan oleh Ketua Umum Terpilih hasil Musyawarah Kota Luar Biasa yang akan digelar tanggal 27 Oktober 2022.

Muskotlub PMI Banda Aceh
Awalin Ridha mewakili relawan KSR PMI Kota Banda Aceh.

Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa, 9 Suara PMI Kecamatan yang ilegal sepatutnya tidak ikut meramaikan muskotlub PMI Banda Aceh.

Karena sesuai AD/ART PMI dan Peraturan Organisasi PMI, Surat Keputusan Penetapan Pengurus PMI Kecamatan harusnya ditetapkan oleh Ketua Umum PMI Kota Banda Aceh definitif hasil Muslubkot PMI Banda Aceh. Bukan oleh PLT Ketua PMI Kota Banda Aceh.

]]>
https://satuaceh.com/10/muskotlub-pmi-banda-aceh-bermasalah-relawan-tolak/feed/ 1